Laporan Pertandingan: Manchester United 1-0 Rostov (Agregat 2-1)

Gol tunggal Juan Mata di menit ke-70 sudah cukup meloloskan Manchester United ke babak perempat-final Liga Europa.


OLEH    HAPPY SUSANTO     Ikuti di twitter


Manchester United berhak melaju ke perempat-final Liga Europa setelah keluar dari lubang jarum dan menundukkan perlawanan Rostov dengan skor 1-0 di leg kedua babak 16 besar di Old Trafford, Jumat (17/3) dini hari WIB.

The Red Devils lolos dengan keunggulan agregat 2-1, meski hanya bermain imbang 1-1 di leg pertama di Rostov.

Gol tunggal di pertandingan ini dicetak Juan Mata di babak kedua, tepatnya pada menit ke-70 setelah memanfaatkan back-heel Zlatan Ibrahimovic.

SIMAK JUGA – Jose Mourinho Sebenarnya Tak Ingin Jual Angel Di Maria

Babak Pertama

United langsung menampilkan permainan menyerang di awal babak pertama. Ketika pertandingan memasuki menit keempat, mereka memiliki peluang lewat sundulan sundulan Marcos Rojo, namun bisa dimentahkan kiper Rostov Nikita Medvedev. Ibra berusaha menyambut bola muntah di dekat pojok gawang, tapi membentur badan kiper dan berbuah sepak pojok saja.

Pada menit ke-16, Ibra kembali memiliki peluang setelah mendapat umpan Mata di sisi kiri kotak penalti. Setelah mampu mengecoh pergerakan Medvedev, sontekan bola lambungnya masih di atas mistar gawang.

Rostov memiliki permainan menyerang yang sangat bagus pada menit ke-18. Menyerang dari sisi kanan, sebuah umpan crossing yang mengarah kepada Sardar Azmoun masih lemah sehingga tidak membahayakan gawang United yang dijaga Sergi Romero.

Memasuki menit ke-27, sebuah kemelut terjadi di depan gawang Rostov. Henrikh Mkhitaryan mendapat tempat untuk menyundul bola di dekat tiang gawang di sisi kanan, namun Medvedev terlihat sempat mendorong sang gelandang lebih dahulu sebelum meninju bola. Wasit tidak memberikan hadiah penalti, meski pemain asal Armenia itu sempat terjatuh akibat dorongan sang kiper.

Mkhitaryan nyaris mencetak gol pada menit ke-30. Berawal dari sodoran bola Ibra kepada Mata, yang kemudian mengirim passing first-time ke Mkhitaryan, namun sontekan sang gelandang masih menyamping tipis ke sisi gawang.

Ibra nyaris membawa United unggul pada menit ke-34 andai sepakan kerasnya dengan kaki kanan dari dalam kotak penalti tidak membentur mistar gawang.

United memiliki peluang bagus lewat tendangan bebas pada menit ke-41 setelah Mata dijatuhkan di dekat kotak penalti, namun eksekusi Paul Pogba masih melambung jauh di atas mistar gawang.

Di masa injury time babak pertama, Pogba memiliki peluang terbaiknya setelah kerjasama satu-dua dengan Ibra, namun tendangan kerasnya dari depan kotak penalti masih bisa ditepis Medvedev.

SIMAK JUGA – Gary Neville: Zlatan Ibrahimovic Pantas Diganjar Kontrak Baru

Babak Kedua

Jose Mourinho melakukan keputusan yang cukup berani dengan menarik keluar Pogba dan memasukkan Marouane Fellaini di awal babak kedua.

Ketika pertandingan babak kedua sudah memasuki menit ke-54, Romero dipaksa melakukan penyelamatan gemilang ketika tembakan Azmoun, Lionel Messi asal Iran, mampu ditepisnya. Satu menit berselang, kiper United itu kembali melakukan penyelamatan dengan mementahkan tendangan voli Christian Noboa.

Tiga menit berselang, giliran United yang mendapat peluang. Umpan crossing Antonio Valencia di sisi kanan mampu disambut dengan sundulan kepala Ibra, namun bola melambung di atas mistar gawang.

Pada menit ke-58, United kembali mengancam. Ander Herrera memberi umpan jauh kepada ke Ibra, yang kemudian mengirim umpan crossing ke arah gawang, namun bola bisa ditangkap Medvedev.

United sempat menurunkan tempo permainan dan lebih banyak diserang dalam durasi kurang lebih sepuluh menit.

United akhirnya memecahkan kebuntuan ketika pertandingan memasuki menit ke-70. Umpan jauh Mkhitaryan diteruskan dengan back-heel Ibra ke arah Mata, yang dalam posisi bebas untuk menceploskan bola di dekat tiang gawang.

Ada sebuah pemandangan yang cukup unik ketika Mourinho memberikan sebuah pisang kepada Ashley Young, yang sedang melakukan pemanasan, dan kemudian diberikan kepada Marcos Rojo, yang langsung memakannya.

Marcos Rojo Banana Manchester United 16032017

Pada menit ke-77, United nyaris unggul andai umpan terobosan Mata mampu dimaksimalkan Mkhitaryan, namun bola bisa ditangkap Medvedev.

Satu menit berselang, Rostov berpeluang mencetak gol penyeimbang yang bisa saja membuyarkan harapan United, namun sundulan Alexander Bukharov di depan gawang mampu usai memanfaatkan crossing cantik Noboa mampu ditepis Romero.

Ketika pertandingan babak kedua memasuki injury time dan permainan sudah akan habis, gawang United diancam lewat tendangan bebas Noboa. Beruntung, Romero mampu menepis bola sehingga keluar lapangan. Tepat setelah itu, wasit meniup peluit pertanda pertandingan berakhir untuk kemenangan tuan rumah.