Laporan Pertandingan: Hertha Berlin 2-1 Borussia Dortmund

Bermain di Olympiastadion, Hertha Berlin yang dikenal jago kandang sukses menjegal laju kencang Borussia Dortmund dengan petik kemenangan tipis 2-1.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR       Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Hertha Berlin secara heroik sukses menaklukkan Borussia Dortmund lewat skor tipis 2-1, pada  spieltag 24 Bundesliga Jerman, Sabtu (11/3) malam WIB.

Bermain di Olympiastadion, Hertha yang dikenal jago kandang jadi tim yang memutus rentetan empat kemenangan beruntun Die Borussen di semua ajang. Hasil ini pun membuat persaingan di zona Liga Champions makin terbuka.

SIMAK JUGA: Dortmund Yakin Aubameyang Bertahan

Babak Pertama

Komposisi starting XI berisiko diturunkan pelatih Dortmund, Thomas Tuchel, pada laga ini. Meski tetap menggunakan skema 3-4-1-2. Total lima pergantian dilakukannya, dari duel hadapi Benfica di Liga Champions tengah pekan lalu.

Hasilnya tak sesuai harapan. Permainan Dortmund tampak sekali tak seimbang, dengan mereka terlalu mudah memberikan bola pada Hertha. Dampaknya, gol konyol kemudian diderita tim tamu pada menit ke-11.

Berawal dari kesalahan bek tengah dadakan Dortmund, Matthias Ginter, yang gagal melakukan kontrol sederhana, secara mengejutkan bola lepas dari kakinya.

Vedad Ibisevic langsung merampasnya dan melepaskan umpan mendatar manis bagi Salomon Kalou, untuk membawa Hertha unggul 1-0.

Lepas setengah jam pertandingan, Dortmund baru mulai menemukan ritmenya. Dua peluang emas pun hadir melalui tandukan Pierre-Emerick Aubameyang dan sontekan Andre Schurrle.

Sayang tak ada yang menemui sasaran, sehinggan skor 1-0 untuk tuan rumah pun bertahan hingga jeda.

SIMAK JUGA: Dortmund Tunggu Bayern Di Final DFB-Pokal

Babak Kedua

Permainan Dortmund semakin membaik di babak kedua. Mereka balik mendominasi laga dan gencar melancarkan serangan ke benteng pertahanan Hertha. Peluang pertama kemudian hadir lewat sepakan kencang Shinji Kagawa pada menit ke-47, yang masih mampu ditepis Rune Jarstein.

Tak berhenti, pemain internasional Jepang yang posisinya mulai tersisih dari starting XI ini seakan ingin buktikan diri. Lakukan aksi individu dengan lewati dua pemain Hertha di menit 52, lagi-lagi dentuman kencangnya ditangkis Jarstein.

Namun usaha Kagawa tak sia-sia dengan Dortmund akhirnya mendapat momentum untuk samakan kedudukan. Pada menit 55, eks Manchester United itu mengirim umpan matang untuk Aubameyang samakan kedudukan 1-1.

Sayang, Ginter kembali lakukan blunder yang membuat Dortmund kembali tertinggal di menit 71. Pelanggarannya pada Ibisevic, tiga meter di depan kotak penalti timnya, berbuah tendangan bebas untuk Hertha. Sang eksekutor, Marvin Plattenhardt, tak siakan peluangnya untuk membawa tuan rumah unggul 2-1!

Tertinggal 2-1, Dortmund langsung bereaksi dengan membombardir pertahanan Hertha. Sayang, tak ada gol yang lahir sehingga keunggulan tuan rumah pun bertahan sampai akhir.

Hasil ini membuat persaingan di zona Liga Champions makin terbuka, dengan karena Dortmund yang ada di peringkat tiga klasemen kini hanya terpaut tiga poin saja dari Hertha di peringkat lima.

SIMAK JUGA: Gotze Absen Untuk Waktu Yang Tak Ditentukan

Susunan Pemain: 

Hertha Berlin (4-2-3-1): Jarstein; Pekarik, Langkamp, Brooks, Plattenhardt; Skjlbred, Stark; Haraguchi, Darida, Kalou; Ibisevic.

Borussia Dortmund (3-4-2-1): Burki; Bartra, Ginter, Schmelzer; Durm, Weigl, Castro, Guerreiro; Kagawa, Schurrle; Aubameyang.