Gary Neville: Manchester United Mungkin Korbankan Piala FA Demi Juara Liga Europa

Menurut Neville, jadwal yang sangat padat bisa membuat Manchester United kemungkinan akan mengorbankan Piala FA.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


Menurut mantan kapten Manchester United Gary Neville, The Red Devils kemungkinan rela mengorbankan gelar juara Piala FA demi bisa lolos ke ajang Liga Champions musim depan.

United yang merupakan juara bertahan, akan bertandang ke markas Chelsea dalam laga babak perempat-final Piala FA, Selasa (14/3) dini hari WIB. Laga tersebut juga menjadi ajang balas dendam bagi tim asuhan Jose Mourinho tersebut yang takluk 4-0 di Stamford Bridge pada laga paruh pertama Liga Primer Inggris Oktober lalu.

Akan tetapi laga kontra Chelsea berlangsung di tengah jadwal yang sangat padat bagi United. Sebelumnya mereka harus bertandang ke markas klub Rusia FC Rostov untu melakoni laga leg pertama babak 16 besar Liga Europa, Jumat (10/3) dini hari WIB. 

SIMAK JUGA – PREVIEW Piala FA: Chelsea – Manchester United

Setelah menghadapi Chelsea, hanya berselang tiga hari United akan menjamu Rostov di Old Trafford sebelum bertandang ke Middlesbrough pada Minggu (19/3).

United sedang berjuang keras untuk bisa menembus empat besar di klasemen Liga Primer demi lolos ke Liga Champions musim depan, sementara jika sukses menjuarai Liga Europa, mereka juga bisa dipastikan lolos ke kompetisi paling bergengsi bagi klub-klub papan atas Eropa tersebut.

“Itu tergantung prioritas Mourinho. Piala FA bisa saja menjadi kompetisi yang akan United korbankan karena mereka ingin berjuang lolos ke Liga Champions,” ujar Neville kepada Omnisport.

Gary Neville Valencia

“Tentu hanya dua jalan untuk bisa lolos [ke Liga Champions], lewat jalur Liga Europa atau Liga Primer.”

SIMAK JUGA – Gary Neville: Hari-Hari Terakhir Saya Di Manchester United Sungguh Memalukan

“Akan menjadi tantangan yang besar secara mental [di laga kontra Chelsea]. Untuk saat ini, itu mungkin adalah kesempatan untuk mengorbankannya dengan tujuan agar tidak mempersulit jadwal yang sudah ada,” ungkap Neville yang menghabiskan karir profesionalnya sebagai pesepakbola bersama United (1992-2011), dan berhasil meraih delapan gelar juara Liga Primer dan dua gelar Liga Champions di sana.

Meski tidak terkalahkan dalam 17 laga di ajang Liga Primer, United masih tertahan di peringkat keenam klasemen sementara. 

Setelah pekan lalu hanya mampu bermain imbang 1-1 kontra Bournemouth, tim asuhan Mourinho tertinggal 17 poin dari pemuncak klasemen Chelsea dan tiga poin dari peringkat empat (posisi untuk lolos ke Liga Champions).