Gary Neville: Arsene Wenger Bisa Buktikan Diri Jika Masih Dipercaya Arsenal

Gary Neville mengatakan Wenger sebaiknya diberi kesempatan untuk membuktikan kritik yang tertuju padanya tidak tepat.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


Mantan kapten Manchester United Gary Neville paham Arsene Wenger sedang berada dalam kondisi yang tidak aman sebagai manajer Arsenal, namun ia mengatakan akan lebih senang jika manajer asal Prancis itu mendapat kesempatan untuk bertahan.

Posisi Wenger semakin terancam setelah Arsenal kalah secara beruntun, 3-1 dari Liverpool di Liga Primer Inggris, dan 5-1 dari Bayern Munich di leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Rabu (8/3) dini hari WIB.

Kekalahan dengan skor telak dari Bayern itu sama dengan yang mereka dapatkan di leg pertama yang berlangsung di Munich. Hasil buruk di Liga Champions semakin membuat posisi Wenger, yang kontraknya akan habis  di Arsenal pada akhir musim ini semakin terancam.

SIMAK JUGA: Meski Kalah Memalukan, Arsene Wenger Sebut Arsenal Baik-Baik Saja

Selain itu Arsenal telah terlalu lama tidak menjuarai Liga Primer, terakhir kali mereka berhasil meraih gelar tersebut adalah pada 2004, yang merupakan gelar juara liga ketiga di era Wenger.

Puasa gelar Liga Primer nampaknya juga masih harus terus berlanjut musim ini, dan situasi tersebut membuat manajer berusia 67 tahun yang telah lebih dari dua dekade menangani Arsenal itu, semakin mendapat tekanan besar untuk meninggalkan klub dari para suporter.

Akan tetapi mantan bek timnas Inggris Neville, yang sepanjang karir bermainnya bersama United sukses meraih delapan gelar juara Liga Primer dan dua kali juara Liga Champions, ingin Wenger diberi kesempatan untuk membuktikan para pengkritiknya salah.

“Tak diragukan, memang ada banyak pengalaman buruk bagi Wenger dalam beberapa hal seperti perhatian dan pengawasan. Itu merupakan hal yang sebenarnya tidak nyaman,” ujar Neville kepada Omnisport.

SIMAK JUGA – Hector Bellerin: Skuat Arsenal Selalu Dukung Arsene Wenger

“Pada akhirnya itu adalah keputusan para petinggi klub dan Wenger.”

“Saya mengambil sikap yang sangat jelas setelah berhenti bermain sepakbola. Saya tidak akan pernah meminta seorang pemain dipecat berdasarkan performa dan tidak akan pernah meminta seorang manajer dipecat berdasarkan performa.”

Gary Neville FC Valencia 18022016

“Wenger layak mendapatkan respek yang besar. Saya bisa menerima argumen orang-orang yang berpikir waktunya telah habis, tapi juga ada yang berbeda pendapat karena melihat apa yang telah ia capai bersama klub.”

“Saya kira itu adalah prinsip tradisional, tidak ada hal yang ingin saya lihat selain sebuah klub yang mendukung manajernya.”

“Di periode saat para manajer dipecat setiap lima menit, dan ketika berpikir tentang Claudio Ranieri yang dipecat musim ini, saya akan sangat senang jika Arsenal tetap mempertahankannya dan membuktikan semua orang salah dalam beberapa musim selanjutnya,” kata Neville, yang sempat menjadi pelatih Valencia, namun harus kehilangan pekerjaannya setelah hanya sekitar tiga bulan menjabat.