Dari Patung Hingga Stadion, Barcelona Siap Abadikan Johan Cruyff

Legenda Belanda ini bakal dibuatkan patung, museum, dan stadion oleh Barcelona.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Barcelona mengonfirmasi akan memberikan sejumlah penghormatan spesial untuk salah satu legenda terbesar mereka, Johan Cruyff. Raksasa La Liga Spanyol itu berencana membangun patung, ruang museum, hingga stadion latihan untuk mengabadikan Cruyff.

Cryuff telah berpulang pada 24 Maret 2016 di usia 68 tahun dan meninggalkan warisan berharga di Barcelona. Berkarier sebagai pelatih dan pemain di Camp Nou, Cruyff mampu memolopori tiki-taka, sebuah gaya bermain yang menjadi filosofi dasar klub hingga kini.

SIMAK JUGA: Tim Terbaik Versi Johan Cruyff

Setahun setelah kepergian Cruyff, presiden Blaugrana Josep Maria Bartomeu mengumumkan kepada publik terkait rencana klubnya untuk memberikan tribute kepada sang ikon sepakbola Belanda.

“Stadion baru di [kompleks latihan] Ciutat Esportiva akan diberi nama Johan Cruyff. Klub juga akan membuat sebuah patung peringatan untuk Cryuff, yang akan diletakkan di New Camp Nou. Kami juga akan membuat ruangan khusus di museum Barcelona untuknya,” ungkap Bartomeu, Sabtu (25/3).

Di dalam ruangan khusus di museum tersebut, Barcelona juga mengonfirmasi akan memamerkan sejumlah barang memorabilia Cryuff seperti trofi Ballon d’Or yang dimenanginya pada 1974 dan jersey yang dikenakannya.

Josep Maria Bartomeu: “The future stadium at the Ciutat Esportiva will be named after @JohanCruyff” #FCBlive pic.twitter.com/1LMx9DAYU6

— FC Barcelona (@FCBarcelona) March 25, 2017