Bundesliga Tidak Kompetitif, Philipp Lahm: Jangan Salahkan Bayern Munich

Die Roten menuju gelar kelima beruntun di Bundesliga, sekaligus memperkukuh superioritas skuat Carlo Ancelotti di kompetisi domestik.


OLEH   DEWI AGRENIAWATI


Philipp Lahm menyayangkan minimnya persaingan di Bundesliga musim ini, namun menolak menyalahkan anggaran besar yang dimiliki Bayern Munich sebagai penyebab tunggal keunggulan 13 poin Die Roten di pucuk klasemen. 

Bayern saat ini unggul cukup jauh dari paket kejutan RB Leipzig yang menempati peringkat dua dan berpeluang besar menyabet titel kelima beruntun. Namun, Lahm justru menyebut tim-tim seperti Borussia Dortmund, Schalke dan Wolfsburg gagal memaksimalkan potensi yang mereka miliki sehingga terjadi persaingan gelar yang timpang. 

SIMAK JUGA: Lahm Tak Buru-Buru Jadi Pelatih

“Situasi finansial di liga tidak berbeda di tahun-tahun ketika kami finis kedua atau keempat,” tegasnya kepada Stern.

“Saya tidak berpikir Bayern Munich menjadi satu-satunya yang bertanggung nawab atas seberapa bagusnya penampilan kami. Jika kami unggul 13 poin setelah 25 pertandingan, itu artinya klub-klub bags lainnya seperti Schalke atau Wolfsburg tidak tampil konsisten. 

“Borussia Dortmund adalah tim yang sangat berbakat, yang dapat membuat persaingan titel Bundesliga panas. Meski Anda juga harus mengatakan tim lainnya di Bundesliga minim kualitas.”