Vicente Calderon Gelar Final Copa Del Rey

Setelah ditolak Real Madrid untuk menggelar final di Bernabeu, tetangga mereka, Atletico, bersedia menyelenggarakan partai puncak sebelum pindah ke stadion baru musim depan.


OLEH   DEWI AGRENIAWATI


Markas Atletico Madrid Vicente Calderon bakal menjadi tuan rumah final Copa del Rey antara Barcelona dan Alaves, demikian dikonfirmasi Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF). 

Stadion final kembali menjadi problem tahun ini setelah Real Madrid menegaskan enggan menggelar pertandingan tersebut di Santiago Bernabeu. Padahal, Barcelona dikabarkan ingin laga penentuan gelar Piala Raja ini dimainkan di stadion berkapasitas besar seperti Benabeu, namun presiden Los Merengues Florentino Perez mengatakan sedang ada renovasi di markas skuat Zinedine Zidane sehingga tidak memungkinkan mengadakan final. 

Akhirnya RFEF memutuskan Calderon yang menjadi tuan rumah final untuk terakhir kali sebelum Los Rojiblancos pindah ke stadion berkapasitas 73.000 penonton musim depan. 

SIMAK JUGA: Griezmann Mau Gabung United Dengan Syarat

Musim lalu, Bernabeu juga urung menggelar final Copa del Rey karena adanya konser Bruce Springsteen dan mereka hanya sekali menjadi tuan rumah final dalam sepuluh tahun terakhir — saat tercipta derby Madrid melawan Atletico pada Mei 2013. 

Sementara Alaves, yang menembus final untuk kali pertama sepanjang sejarah, memilih stadion San Mames milik Athletic Bilbao yang lebih dekat dengan markas mereka di Basque. Sayangnya, stadion tersebut juga bakal menggelar konser tiga hari setelah final, sehingga dapat memengaruhi rencana di lapangan. 

Pelatih Barcelona Luis Enrique mengaku tidak masalah setelah pertandingan diputuskan digelar di ibu kota Spanyol. 

“Ini bagus, membawa kembali kenangan tahun lalu, ini markas bersejarah,” katanya.