UEFA Hanya Izinkan Satu Klub Red Bull Di Liga Champions?

Jika RB Leipzig dan RB Salzburg sama-sama lolos ke Liga Champions musim depan, salah satu di antara mereka terancam didiskualifikasi.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


UEFA dilaporkan hanya akan mengizinkan salah satu dari klub milik Red Bull, RB Leipzig atau Red Bull Salzburg, untuk berkompetisi di kompetisi Eropa musim depan. Demikian kabar yang dirilis oleh Salzburger Nachrichten.

Media Austria itu mengklaim, terdapat aturan dari UEFA yang melarang dua klub yang dikontrol oleh satu sponsor, organisasi, atau orang yang sama untuk terlibat dalam kompetisi Eropa secara bersamaan. Itu artinya jika Leipzig dan Salzburg sama-sama lolos ke Liga Champions musim depan, maka salah satu di antara mereka harus didiskualifikasi.

Saat ini, Leipzig terus melanjutkan kebangkitannya sejak diambil alih oleh Red Bull pada 2009 silam. Perusahaan minuman berenergi asal Austria tersebut sukses meroketkan status Leipzig dari tim divisi lima hingga promosi ke Bundesliga Jerman musim ini.

SIMAK JUGA: RB Leipzig, Kisah Klub Paling Dibenci Di Jerman

Meski menjadi klub yang paling banyak dikritik di Jerman karena keterlibatan Red Bull, tim besutan Ralph Hassenhuttl itu sejauh ini mampu bersaing dengan Bayern Munich dengan duduk di peringkat kedua klasemen dan berpeluang besar lolos ke Liga Champions musim depan.

Adapun Salzburg juga sangat mungkin lolos ke Liga Champions musim depan jika mampu mempertahankan posisi mereka di puncak klasemen Bundesliga Austria hingga akhir musim.

Ditanya Goal Internasional terkait masalah ini, juru bicara UEFA mengatakan, “Hal ini akan diverifikasi oleh UEFA ketika kami sudah mendapatkan formulir pendaftaran partisipasi di kompetisi Eropa dari asosiasi sepakbola negara masing-masing di akhir musim ini.”