Timnas Indonesia U-22 Cari Kiper Seperti Manuel Neuer

Kiper timnas Indonesia U-22 mesti aktif dalam memainkan bola.


OLEH  MUHAMMAD RIDWAN


Tim pelatih timnas Indonesia U-22, telah menentukan kriteria penjaga gawang yang bakal dibawa untuk berlaga di SEA Games 2017. Salah satunya adalah orang terakhir di lini belakang tersebut mesti memiliki kemampuan modern dalam mengolah si kulit bundar.

Menurut asiten pelatih timnas Indonesia U-22, Bima Sakti kiper tersebut harus aktif ketika timnya membangun serangan. Artinya, penjaga gawang itu tidak diam saja di dalam kotak penalti, namun diberi kekuasaan untuk mengoper bola atau maju ke luar.

SIMAK JUGA: Senin Depan Timnas Indonesia U-22 Akan Umumkan Pemain Seleksi Pertama

Bima mengatakan hal tersebut seperti yang terjadi pada kiper-kiper yang ada di Liga Eropa. Seperti, penjaga gawang Bayern Munich, Manuel Neuer yang berani keluar dari wilayahnya saat rekan-rekannya melakukan serangan ke kubu lawan.  

“Kami cari kiper yang bisa bermain dengan permainan yang modern, kiper itu bisa sebagai libero. Model-model Manuel Neuer, atau kiper-kiper yang di Spanyol, seperti David de Gea,” kata Bima saat dihubungi Goal Indonesia

Pernyataan yang diucapkan Bima memang wajar adanya. Pasalnya, pelatih kiper timnas Indonesia U-22 yakni Eduardo Perez, merupakan orang asal Spanyol yang telah terbiasa melatih penjaga gawang seperti itu.

SIMAK JUGA: Agenda Timnas Indonesia Sudah Tersusun Untuk Setahun

Bahkan, Bima dan Perez sudah melakukan pemantauan langsung terhadap pemain-pemain yang ada di Bandung. Mereka pun berencana terbang ke Madura serta Sleman untuk menyaksikan pertandingan penyisihan grup Piala Presiden 2017 yang bermain di sana.

“Ini masukan buat kiper-kiper muda yang kami pantau tunjukkan yang terbaik. Karena saya lihat dari sesi latihan yang akan Luis Milla berikan untuk kiper akan aktif bermain bola,” ujarnya.