Taklukkan Persiba Balikpapan, Kans Persib Bandung Lolos Makin Besar

Sempat tertinggal dari Persiba, Persib menutup laga ini dengan kemenangan.


OLEH  MUHAMMAD RIDWAN


Persib Bandung kembali melanjutkan tren positifnya pada babak penyisihan grup 3 Piala Presiden 2017. Kali ini mereka berhasil mengalahkan Persiba Balikpapan dengan skor 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Jawa Barat, Minggu (12/2) malam WIB.

Berkat tambahan tiga poin ini membuat kans Persib ke babak berikutnya terbuka lebar. Sebab saat ini mereka menduduki posisi puncak klasemen dengan raihan enam angka dari dua kali pertandingan. Namun, kepastian mereka lolos atau tidak baru bisa terjawab hingga laga terakhir.

Pada partai pamungkas penyisihan grup ini Persib akan berhadapan dengan Persela Lamongan yang untuk sementara berada di posisi kedua klasemen mengumpulkan tiga angka. Bila, bisa memenangan laga tersebut maka Maung Bandung baru bisa lolos.

Babak pertama

Bertindak sebagai tuan rumah, membuat Persib tampil percaya diri. Skuat asuhan Djadjang Nurdjaman tersebut berinisiatif melakukan serangan sejak peluit pertama dibunyikan.

Namun, usaha yang dilakukan Persib tidak membuahkan hasil. Malahan, Persiba yang bermain lebih sabar dapat mencetak gol lebih dulu di menit enam. Marlon da Silva memecah kebuntuan timnya lewat sepakan dari luar kotak penalti yang gagal diantisipasi, kiper M. Natshir Mahbuby.

Tertinggal satu gol membuat Persib semakin gencar melancarkan serangannya ke gawang Persiba. Akan tetapi sejumlah usaha yang dibuat mereka selalu menemui kemajalan akibat rapatnya barisan belakang pasukan Timo Scheunemann ini. 

Terus menyerang akhirnya Persib dapat menyamakan kedudukan pada menit ke-28 setelah wasit menunjuk titik putih karena pemain Persiba menyentuh bola dengan tanggannya. Sergio van Dijk yang jadi eksekutor tendangan itu berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Setelah skor imbang, kedua tim memeragakan permainan terbuka sehingga aksi jual beli serangan tidak terelakan lagi. Sayangnya, sampai berakhirnya babak pertama tidak ada lagi gol yang tercipta.

SIMAK JUGA: Marlon Da Silva Tak Khawatirkan Menara Persib Bandung

Babak kedua 

Selepas turun minum, Persib kembali menguasai jalannya pertandingan. Mereka berkali-kali merepotkan lini belakang Persiba lewat serangan dari sektor sayap yang dikombinasikan umpan jauh.

Bahkan pada menit ke-57 Persib dapat menambah keunggulan mereka. Van Dijk kembali mencatatkan namanya di papan skor lewat sontekan kaki kirinyari dalam kotak penalti setelah memanfaatkan bola lambung yang dilepaskan Supardi Natsir yang membentur pemain Persiba.

Unggul satu gol tak membuat serangan Persib jadi mengendur. Vladimir Vujovic dan kawan-kawan masih terus melakukan usaha agar bisa menambah keunggulan mereka di babak kedua ini.

Pemain muda Persib, Febri Hariyadi turut mengukir namanya di pertandingan ini. Febri membawa klub asal kota Kembang tersebut memperlebar jarak lewat gol yang diciptakannya pada menit ke-63.

Menjelang pertandingan selesai Persib masih berupaya untuk mencetak gol. Akan tetapi, hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga tidak ada gol yang tercipta.

SIMAK JUGA: Lawan Persiba Balikpapan, Pemain Muda Persib Bandung Ingin Tampil Lebih Lepas

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persib Bandung: M. Natshir Mahbuby, Henhen Herdiana, Vladimir Vujovic, Tony Sucipto, Ahmad Basith, Kim Kurniawan, Febri Hariyadi, Erick Weeks, Shohei Matsunaga, Sergio van Dijk.

Persiba Balikpapan: Kurniawan Ajie, Iqbal Samad, Dedimar Chagas, Absor Fauzi, Fengky Turnando, Bryan Ramadhan, Robi Kriswantoro, Masahito Noto, Heri Susanto, Marlon da Silva, Faria Rofanda.