Soal Sogok Wasit, Iwan Budianto Tegaskan Hanya Bercanda

Iwan menyebutkan kalau pernyataan yang dilontarkannya tentang menyogok wasit itu tidak benar adanya.


OLEH  MUHAMMAD RIDWAN


Kepala staf ketua umum PSSI, Iwan Budianto angkat bicara terkait pengakuannya yang pernah menyogok wasit. Menurutnya hal yang diutarakannya tersebut di depan ketua umum PSSI,  Edy Rahmayadi, beberapa hari yang lalu hanyalah sebatas bercandaan saja.

Sebelumnya, saat pengambilan sumpah wasit Piala Presiden 2017, di Makostrad, Gambir, Jakarta Pusat pada Kamis (2/2), Edy menyampaikan tentang adanya sogok wasit di Indonesia. Pria yang juga menjabat sebagai Pangkostrad TNI ini menyatakan kalau Iwan pernah terlibat kasus itu.

SIMAK JUGA: Pesan Tegas Ketua Umum PSSI Buat Andri Syahputra

Ketika itu, Iwan tidak menyangkal sama sekali tentang tudingan yang diberikan Edy. Ia menyatakan dulu pernah melakukannya, akan tetapi sekarang dirinya tidak pernah terlibat sama sekali soal menyogok wasit.

“Itu becandaan ketum, apalagi saat itu momentumnya serius lagi kasih pidato dalam sumpah kepada wasit. Jadi beliau kasih sedikit bercandaan segar sedikit agar suasana cair,” kata Iwan.

Menurut Iwan, bercandaan yang dilontarkan Edy bukanlah sesuatu yang baru. Pasalnya, ia menuturkan saat sebelum terpilih sebagai orang nomor satu di PSSI tersebut, Edy sering kali bercandaan semacam itu untuk mencairkan suasana.

SIMAK JUGA: AFC Berikan Suntikan Dana Rp8 Miliar Buat PSSI

“Di saat masa kampanye pencalonan pak Edy sebagai calon ketum PSSI dari Aceh sampai Papua kebetulan, saya yang selalu mendampingi, beliau suka kasih tahu kalau ada yang jelek saya selalu dijadiin sasaran oleh beliau,” ujarnya. 

“Saya tidak masalah karena hal tersebut sebagai becandaan. Dan kami yang dekat dengan beliau juga sudah pada tahu,” ia menambahkan.