Simon Mignolet: Liverpool Lebih Baik Tanpa Luis Suarez

Tanpa Suarez, the Reds tidak lagi bergantung pada satu pemain, melainkan bertumpu kepada semua anggota tim.


OLEH   DEWI AGRENIAWATI


Kepergian Luis Suarez dari Anfield justru memberikan dampak positif bagi Liverpool. Menurut kiper Simon Mignolet, the Reds sekarang malah lebih berbahaya ketimbang saat masih ada penyerang Uruguay tersebut. 

Di musim pertama Mignolet bersama Liverpool, klub Merseyside tersebut nyaris meraih titel Liga Primer Inggris pertama, namun skuat Brendan Rodgers terpeleset memasuki pengujung musim dan finis dua poin di belakang Manchester City. 

Suarez menjadi inspirasi tim saat itu, dengan membukukan 31 gol dan 21 assist dalam 33 penampilan di musim terakhirnya bersama klub sebelum ia gabung Barcelona dengan mahar yang dilaporkan mencapai €82 juta. 

SIMAK JUGA: Yaya Toure Ingin Main Bareng Neymar Dan Coutinho

Namun, menurut Mignolet Liverpool lebih kuat di bawah asuhan Jurgen Klopp karena mereka tidak lagi bergantung pada satu pemain. 

“Kami memiliki 25 pemain di ruang ganti tapi pada akhirnya hanya 11 pemain yang dapat tampi, jadi akan selalu ada beberapa pemain yang kecewa setiap pekannya,” kata Mignolet. 

“Tapi kami berjuang untuk target yang sama, dan saya pikir itulah kekuatan kami saat ini: kami tampil sebagai tim. 

“Ketika saya pertama kali datang di sini lebih kepada individu tertentu, Luis Suarez dan Daniel Sturridge mencetak gol dan Steven Gerrard masih main. Sekarang bahaya datang dari kekuatan dan kesatuan skuat. 

“Kami semua menekan bersama dan saling bergantung untuk bertahan, tidak berharap seseorang akan mencetak gol untuk kami. 

“Ketika itu, jika Anda bisa menghentikan Luis, Anda memiliki kans melawan Liverpool tapi sekarang Anda harus menghadapi seluruh tim dan saya pikir itu jauh lebih sulit.”