Sergio Van Dijk Akui Sulit Melewati Hamka Hamzah

Hamka bersama Maitimo dinilai Van Dijk sebagai pemain yang penting untuk PSM.


LIPUTAN   PANDU PERSADA    DARI   BANDUNG   


Persib Bandung bakal melawan PSM Makassar pada laga perdana grup mereka di grup 3 Piala Presiden 2017 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (6/2). Menurut striker Persib Sergio Van Dijk, pertandingan tersebut diperkirakan tak akan mudah bagi timnya. 

Apalagi saat ini PSM diperkuat para pemain anyar yang berkualitas. Di antaranya Hamka Hamzah dan Raphael Maitimo. Hamka pun dinilai Van Dijk bakal sulit dilewati.

“Melawan Hamka [Hamzah] pasti susah karena dia punya pengalaman yang bagus dan dia bisa mengatur pertahanan,” ucap Van Dijk.

“Musim kemarin dia main di Arema dan musim ini di PSM, ya dia pemain penting. Menurut saya, ada beberapa pemain dengan beberapa pengalaman tinggi dalam tim itu, Hamka salah satu pemain yang punya itu,” tambah pemain bernomor punggung 9 itu.

Sedangkan soal Maitimo, Sergio mengatakan pemain berdarah Indonesia-Belanda adalah gelandang yang memiliki daya jelajah tinggi. “Pasti dia akan tambah kualitas lini tengah PSM. Mereka sudah merekrut banyak pemain baru yang cukup bagus. Pastinya, mereka akan jadi satu tim yang paling susah di grup nanti, tapi Persib juga tim besar yang juga punya kualitas. Nanti kita lihat di lapangan seperti apa hasilnya,” jelas pemain berusia 34 tahun itu. 

Di lain pihak, pelatih kiper PSM Herman Kadiaman menuturkan timnya tak terlalu fokus untuk mengejar kemenangan di Piala Presiden. Mengingat, mereka masih dalam tahap awal persiapan menuju Liga 1 2017.

SIMAK JUGA: Persib Tak Merasa Diuntungkan Absennya Ferdinand & Zulkifli 

“Semua tim menargetkan untuk menang tapi turnamen ini bukan kebutuhan bagi kami untuk mendapat hasil yang bagus. Hasil yang bagus itu dilihat dari hasil per individu pemain kami untuk menghadapi kompetisi nanti,” ujar Herman.

SIMAK JUGA: Persib Gagal Rekrut Ronaldinho Gara-Gara Barcelona

PSM sendiri mendaftarkan seluruh pemain mereka untuk Piala Presiden. Namun komposisi pemain yang akan diturunkan di setiap laga penyisihan grup bakal berbeda. Untuk menghadapi Persib, hanya ada 17 pemain saja yang diterbangkan ke Bandung. Sisanya, akan diturunkan di laga-laga selanjutnya.

“Makanya, kami semua daftarkan pemain untuk Piala Presiden ini untuk melihat siapa yang bagus di dalam tim. Dalam turnamen Piala Presiden ini, kedatangan PSM di sini bukan untuk bagaimana kami merebut gelar juara, tapi bagaimana kami membentuk satu tim untuk menghadapi kompetisi 2017 mendatang,” tegasnya.

Sementara itu, kapten tim PSM Syamsul Bachri Haeruddin, mengakui persiapan timnya dalam menyambut turnamen Piala Presiden ini tak ideal. “Walaupun persiapan kami agak kurang, tapi intinya kami ingin memperlihatkan kekuatan tim kami,” kata Syamsul.(gk-68)