REVIEW Liga Europa: Lyon Pesta Gol, Athletic Bilbao Angkat Koper

La Liga hanya diwakilkan Celta Vigo di babak 16 besar, sementara Belgia mengirim tiga tim.


OLEH    DEWI AGRENIAWATI


Klub Spanyol Athletic Bilbao harus pulang lebih dini dari Liga Europa setelah kekalahan engejutkan 2-0 dari APOEL, sehingga mereka kalah agregat 4-3 melawan tim Siprus tersebut. 

Pieros Sotiriou membuka skor di menit pertama babak kedua dan Giannis Gianniotas mengonversi penalti tak lama kemudian, untuk menuntaskan comeback di babak 32 besar ini. 

Meski Sotiriou diganjar kartu kuning kedua di menit ke-65, Bilbao gagal mencetak dua gol tambahan yang mereka butuhkan untuk lolos ke babak berikutnya. 

Sementara itu, Celta Vigo — wakil Spanyol yang tersisa – butuh penalti di menit akhir pertandingan yang dieksekusi Iago Aspas untuk memaksa Shakhtar Donetsk memainkan babak perpanjangan waktu. Mereka kemudian berhasil melenggang ke babak 16 besar setelah Gustavo Cabral mencetak gol tambahan ke-108 menit. 

Gustavo Blanco Celta Vigo Shakhtar Donetsk UEFA Europa League 16022017

Hat-trick dari Nabil Fekir lebih dari cukup untuk Lyon, yang menuntaskan babak 32 besar dengan kemenangan agregat 11-2 menyusul pesta gol 7-1 melawan AZ Alkmaar di rumah sendiri. 

Fekir membuka gol lima menit setelah kick-off dan — setelah Lyon menggandakan keunggulan via Maxwel Cornet sementara Levi Garcia memperkecil ketinggalan untuk AZ — menambah gol keduanya di laga ini dengan memanfaatkan tendangan sudut ketika pertandingan berjalan setengah jam. 

Tak lama kemudian Sergi Dardar membukukan gol keempat Lyon, sementara Fekir melengkapi hat-trick-nya, sebelum Houssem Aouar dan Mouctar Diakhaby turut andil dalam pesta gol tim Ligue 1 Prancis tersebut. 

Zenit - Anderlecht, 23022017

Belgia mengirim tiga wakil di babak 16 besar setelah Isaac Kiese Thelin mencetak gol ke-90 untuk Anderlecht untuk mencetak gol tandang krusial melawan Zenit St Petersburg

Sepasang gol dari Giuliano membuat Zenit mengatasi defisit 2-0 di leg pertama dan berbalik unggul agregat 3-2, namun sundulan Thelin di pengujung laga membuat suporter tuan rumah termenung karena skor akhir di leg kedua menjadi 3-1, dan agregat kedua tim imbang 3-3 namun Anderlecht unggul gol tandang.

Nick Viergever menjadi pahlawan dengan mencetak gol tunggal bagi Ajax di awal babak kedua, sekaligus mengirim raksasa Belanda tersebut ke putaran perdelapan-final dengan kemenangan 1-0 atas Legia Warsawa, setelah kedua tim bermain imbang 0-0 pada pertemuan pertama pekan lalu.