REVIEW Liga Europa: Lyon Hancurkan Alkmaar, Athletic Bilbao Comeback Kontra APOEL

Lyon mencuri kemenangan telak di markas Alkmaar, sementara Bilbao berhasil mengejar defisit setelah sempat tertinggal dari wakil Siprus tersebut.


OLEH  DEWI AGRENIAWATI


Alexandre Lacazatte mencetak gol ganda saat Olympique Lyon menghancurkan AZ Alkmaar 4-1 pada leg pertama babak 32 besar Liga Europa, Jumat (17/2) dini hari WIB. 

Lucas Tousart membuka skor untuk tim tamu di menit ke-26, dengan menuntaskan umpan silang Nabil Fekir. Lacazatte kemudian menggandakan keunggulan Lyon di injury time babak pertama setelah melewati pemain belakang Alkmaar dan memperdaya Tim Krul sebelum menceploskan bola ke gawang yang sudah ditinggal pemiliknya. 

Pemain timnas Prancis itu mencatat brace 12 menit usai jeda dengan gol yang mirip, namun kali ini ia menggunakan kaki kanan usai melewati Krul. 

AZ - Olympique Lyonnais

Alireza Jahanbakhsh mengonversi penalti untuk tuan rumah di menit 68, tapi gol konsolasi tersebut tak berarti banyak karena Jordan Ferri mencetak gol keempat Lyon di pengujung pertandingan untuk memberikan Alkmaar tugas cukup berat di Lyon pada leg kedua pekan depan. 

Klub Rusia Rostov juga ikut menempatkan satu kakinya di babak berikut dengan mengepak kemenangan 4-0 melawan sepuluh pemain Sparta Praha

Miha Mehlja membawa tuan rumah di depan pada menit ke-15, sementara tim tamu Sparta kehilangan Tiemoko Konate yang mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Timofei Kalachev di menit 32. 

Dalam kurun sepuluh menit, gol-gol dari Dmitriy Poloz dan Christian Noboa membawa Rostov unggul 3-0, sementara Sardar Azmoun menambah gol keempat setelah turun minum. 

Iker Muniain Aritz Aduriz Athletic Bilbao APOEL Europa League 16022017

Athletic Bilbao sukses membalikkan keadaan setelah tertinggal lebih dulu untuk mengunci kemenangan 3-2 atas APOEL

Hanya butuh waktu dua menit setelah Georgios Efrem mencetak gol pembuka bagi tim tamu, Bilbao mampu menyamakan kedudukan via gol Mikel Balenziaga. Striker gaek Aritz Aduriz kemudian membawa tuan rumah berbalik unggul setelah satu jam pertandingan, sebelum Inaki Williams menambah gol lagi. 

Namun, APOEL berhasil mencuri gol tandang tambahan yang akan krusial di leg kedua di Cyprus ketika Giannis Gianniotas berhasil mengubah skor menjadi 3-2 memasuki menit akhir pertandingan. 

Gol semata wayang Gustavo Blanco Leschuk di menit 26 cukup bagi Shakhtar untuk menang 1-0 atas Celta Vigo di laga tandang. 

Sementara itu, Schalke mengamankan kemenangan 3-0 atas PAOK di Yunani. Guido Burgstaller memecah kebuntuan dengan gol jarak dekat setelah memaksimalkan umpan Naldo. 

Maximilian Meyer kemudian membukukan gol kedua dengan sundulannya usai mendapat umpan silang Benedikt Howedes. Klaas Jan-Huntelaar menambah gol lagi untuk mengunci kemenangan masif sesaat sebelum peluit panjang.