PSSI Akan Tanggung Jawab Mundurnya Jadwal Liga 1

Sebelumnya, sejumlah klub menyebutkan pemunduran jadwal Liga 1 menyalahi hasil Kongres Tahunan PSSI.


OLEH  MUHAMMAD RIDWAN


Wakil ketua umum PSSI, Joko Driyono menyebutkan pihaknya siap bertanggung jawab dengan mundurnya jadwal kick-off Liga 1. Sebab, sejumlah klub merasa pemunduran tersebut menyalahi kesepakatan yang sudah dibuat induk sepakbola nasional itu ketika menggelar Kongres Tahunan di Bandung beberapa waktu lalu.

Ketika itu, Liga 1 dijadwalkan akan bergulir pada 26 Maret mendatang. Namun, diubah jadi pekan kedua April karena saat ini PSSI sedang menggodok seluruh persiapan untuk melangsungkan kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air tersebut.

SIMAK JUGA: PSSI Pastikan Liga 1 Mundur

“Exco [Komite Eksekutif] akan memutuskan kapan pelaksanaan Liga 1. Bukan menganulir keputusan kongres. Tapi Exco akan menjelaskan jika itu menjadi pertanyaan,” kata Joko saat dihubungi wartawan.

Sebelumnya, manajer Madura United Haruna Soemitro mengatakan mundurnya jadwal Liga 1 berarti PSSI melanggar hasil dari Kongres Tahunan. Sebab, dalam cara tersebut organisasi yang dipimpin oleh Edy Rahmayadi ini telah memutuskan tanggal bergulirnya liga.

Selain itu, pemunduran jadwal Liga 1 juga berdampak terhadap perubahan kick-off Liga 2 serta 2. Ini karena Liga 1 harus lebih dulu jalan baru kasta yang ada dibawahnya bisa dimainkan.