PSM Makassar Terapkan 'Rotasi Pemain'

Rentang waktu pertandingan yang berjarak hampir satu pekan membuat PSM memilih tidak menetap di Bandung.


OLEH   DONNY AFRONI & MUHAMMAD SHOLIHIN


Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts akan menerapkan rotasi pemain saat Piala Presiden 2017 demi mencegah anak asuhnya mendapatkan cedera di turnamen pramusim tersebut.

Rotasi pemain ini tergolong unik, karena mereka akan menurunkan tim berbeda di tiga pertandingan Grup C di Stadion Si Jalak Harupat. Pada pertandingan pertama melawan Persib Bandung, Senin (6/2), PSM memboyong 17 pemain. Keesokan harinya, mereka kembali ke Makassar.

SIMAK JUGA: PSM Pasang Target Semi-Final Piala Presiden

Di laga kedua melawan Persela Lamongan, Minggu (12/2), PSM akan mengirim komposisi berbeda. Hal serupa juga dilakukan saat menghadapi Persiba Balikpapan, Jumat (17/2).

“Kami kirim satu tim untuk pertandingan di Bandung, kemudian kembali lagi [ke Makassar]. Selanjutnya kami kirim tim berbeda untuk pertandingan kedua, dan tim lain lagi di laga ketiga,” jelas Robert Alberts.

SIMAK JUGA: Persib Lolos Grup Dulu Baru Pikirkan Pertahankan Gelar

Arsitek asal Belanda ini menganggap Piala Presiden seperti lelucon, karena mengganggu persiapan tim dalam menghadapi Liga 1. Menurutnya, laga di Piala Presiden sangat panjang, sementara tim juga tengah mempersiapkan diri untuk kompetisi resmi.

“Turnamen ini sebuah lelucon bagi saya. Sudah lama saya di sepakbola, dan saya belum dapatkan hal seperti ini. Ini memperlambat persiapan tim menuju kompetisi yang sebenarnya,” cetus Robert Alberts. (gk-69)

Berikut daftar pemain PSM kontra Persib:

Rivky Mokodompit, Wasyiat Hasbullah, Steven Paulle, Hamka Hamzah, Faturahman, Rasyid Bakrie, Arfan, Raphael Maitimo, Ridwan Tawainella, Pouya Hossein, Wiljan Pluim, Denny Marcel, Gozali Siregar, Ardan Aras, Reva Adi Utama, Syamsul Chaeruddin dan Titus Bonai.