PSM Makassar Bungkam Persiba Balikpapan

PSM akhirnya meraih kemenangan perdana mereka di Piala Presiden 2017.


OLEH   MUHAMAD RAIS ADNAN


PSM Makassar akhirnya berhasil meraih kemenangan perdana di Piala Presiden 2017. Itu setelah, mereka menaklukkan Persiba Balikpapan pada laga pemungkas grup 3 dengan skor 3-1, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (17/2) petang.

Kekalahan ini membuat Persiba maupun PSM sama-sama meraih poin tiga di klasemen akhir. Mereka  pun masih harus menunggu hasil laga lainnya antara Persib Bandung kontra Persela Lamongan, malam nanti, untuk penentuan peringkat kedua di grup 3. Mengingat, Persela saat ini juga masih mengoleksi tiga poin. Persela membutuhkan kemenangan di laga ini, lantaran hasil imbang saja masih belum aman bagi mereka untuk lolos lewat jalur tiga peringkat kedua terbaik.

Babak pertama

PSM yang mengincar kemenangan di laga ini langsung tampil agresif sejak menit awal pertandingan.

Peluang emas didapatkan PSM, melalui Titus Bonai. Namun tendangan Tibo masih bisa diantisipasi kiper Persiba Kurniawan Kartika Aji. Begitu juga sepakan keras Rasyid Bakri berhasil ditepis Kurniawan.

Hingga akhirnya, Hamka Hamzah berhasil mencetak gol melalui sundulannya pada menit ketujuh. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan PSM. 

Dua menit berselang, PSM memperbesar keunggulan mereka menjadi 2-0, lewat sepakan kaki kiri Ghozali Muharram Siregar yang berhasil membobol gawang Persiba.

Unggul dua gol, PSM tak mengendurkan serangan mereka. Tekanan bertubi-tubi dilancarkan para penggawa tim Juku Eja.

Willem Jan Pluim pun mampu menambah kembali keunggulan PSM menjadi 3-0 pada menit ke-21′, lewat sepakan volinya di dalam kotak penalti. Persiba pun semakin terlihat kesulitan untuk keluar dari tekanan PSM.

Persiba sebenarnya mendapatkan beberapa peluang. Salah satunya melalui tendangan Heri Susanto, namun masih bisa diblok kiper PSM Rivky Mokodompit.

PSM juga tak mengendurkan serangan mereka. Namun hingga babak pertama berakhir, skor tetap 3-0.

Babak kedua

Tertinggal tiga gol, Persiba tampil lebih menyerang di awal babak kedua. Umpan tarik yang dilepaskan Heri Susanto masih bisa dihalau pemain PSM. Begitu juga sundulan Marlon Da Silva masih melambung di atas gawang PSM.

PSM juga tetap memberikan tekanan ke lini pertahanan Persiba. Hingga akhirnya, Marlon berhasil memperkecil kedudukan menjadi 3-1 pada menit ke-58′. Marlon lebih dulu mengecoh Zulkifli Syukur di dalam kotak penalti, kemudian melepaskan tembakan keras yang mampu membobol gawang PSM.

Gol tersebut menambah semangat para penggawa tim Beruang Madu. Dua kali sepakan beruntun di dalam kotak penalti dari Gideon Viktor Way dan Marlon mampu digagalkan para pemain PSM.

PSM juga tak ingin terlalu lama terlena. Skuat asuhan Robert Rene Alberts itu juga tetap tampil menekan. Beberapa peluang sempat didapatkan melalui Tibo maupun Willem Jan Pluim, namun masih menemui kebuntuan.

Ardan Aras nyaris memperbesar keunggulan PSM, tapi sontekannya hanya membentur tiang gawang dan bola mampu dihalau para pemain Persiba.

Hingga babak kedua berakhir, skor tetap 3-1 untuk keunggulan PSM.