PREVIEW Serie A Italia: Lazio – AC Milan

Laga ini mempertemukan dua tim yang sedang bersaing untuk lolos ke kompetisi antarklub Eropa musim depan, dan Lazio kini sedang berada di performa yang lebih baik.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI     Ikuti di twitter


AC Milan akan bertandang ke markas Lazio, Selasa (14/2) dini hari WIB. Laga yang akan berlangsung di Stadio Olimpico itu diprediksi akan berjalan sengit karena kedua tim sedang bersaing mengamankan tempat untuk bisa berlaga di kompetisi antarklub Eropa musim depan (posisi lima besar).

Kemenangan atas Milan bisa membuat Lazio kembali menempati posisi keempat klasemen sementara Serie A Italia. Sementara jika Rossoneri menang kedua tim akan memiliki jumlah poin yang sama (43) dan tetap menempati peringkat keenam dan ketujuh di klasemen.

Milan baru saja berhasil kemenangan pertamanya setelah mengalami tiga kekalahan beruntun di Serie A, dengan susah payah tim asuhan Vincenzo Montella itu sukses menang di kandang Bologna dengan skor tipis 1-0,  Rabu (8/2).

Deulofeu Bologna Milan

SIMAK JUGA: Vincenzo Montella Waspadai Bola Mati Lazio

Sementara Lazio berhasil menang besar di laga pekan lalu. Tim asuhan Simone Inzaghi menang 6-2 saat berlaga di kandang juru kunci klasemen Serie A Pescara. Sebelumnya mereka juga mampu memastikan tempat di semi-final Coppa Italia setelah mengalahkan Inter 2-1, Selasa (31/1).

Musim ini Lazio sedang berada dalam performa bagus. Dalam 23 laga yang telah dimainkan mereka telah mengumpulkan 43 poin seperti yang terjadi pada 2012/13, yang merupakan rekor terbaik mereka sejak 2004/05.

Marco Parolo Pescara Lazio Serie A

Musim ini juga menjadi salah satu musim tersubur bagi Lazio. Pencapaian terbaik mereka adalah saat mampu mencatatkan 44 gol dalam 23 laga pada Serie A musim 2000/01, musim ini mereka mampu mencatatkan 41 gol dalam jumlah laga yang sama. 

Namun secara head-to-head, Milan memiliki catatan bagus saat menghadapi Lazio. Rossoneri hanya mengalami tiga kekalahan dalam 37 laga terakhirnya di ajang Serie A kontra Lazio, mereka menang 16 kali dan 18 kali imbang.

SIMAK JUGA – Simone Inzaghi: Lazio Siap Kalahkan AC Milan

Akan tetapi Lazio mampu meraih tiga kemenangan atas Milan dalam lima pertemuan terakhir kedua tim di di Stadio Olimpico. Rossoneri mampu menang satu kali dan sekali imbang.

Terakhir kali kedua tim bertemu adalah pada paruh pertaman Serie A musim ini September lalu. Milan menang 2-0 di laga yang berlangsung di San Siro. Carlos Bacca dan M’baye Niang mencatatkan namanya di papan skor saat itu.

Pada pertemuan terakhir kedua tim di Stadio Olimpico pada November 2015, Milan juga berhasil mengalahkan Lazio, mereka mampu menang 3-1 ketika itu.

Carlos Bacca Lazio Milan

Terakhir kali Lazio mampu mengalahkan Milan di ajang Serie A terjadi pada Januari 2015, bermain sebagai tuan rumah mereka berhasil menang 3-1, gelandang mereka Marco Parolo mencetak dua gol di laga itu.

Parolo menjadi pemain yang harus Milan waspadai karena performanya yang bagus akhir-akhir ini, selain top scorer Lazio musim ini Ciro Immobile (12 gol di Serie A). Gelandang berusia 32 tahun itu berhasil mencetak empat gol saat Lazio meraih kemenangan atas Pescara pekan lalu. 

Marco Parolo Lazio

Mantan pemain Parma itu juga telah lima kali membobol gawang Milan, itu menjadikan Rossoneri lawan yang paling sering ia bobol di Serie A.

Sementara itu kondisi para pemain Milan sedang mengkhawatirkan. Mereka kehilangan Mattia De Sciglio, Luca Antonelli, Alessio Romagnoli, Giacomo Bonaventura, Juraj Kucka, dan Gabriel Palleta karena masalah cedera dan suspensi. Itu tentunya akan membuat starting XI Milan mengalami perubahan di laga ini.

SIMAK JUGA: AC Milan Bawa Dua Pemain Dari Tim Primavera Untuk Hadapi Lazio

Di lini belakang Ignazio Abate, dan Leonel Vangioni akan mengisi posisi full-back. Sementara duet bek tengah akan diisi Christian Zapata dan Gustavo Gomez.

Sementara di lini tengah Manuel Locatelli diprediksi akan kembali menjadi andalan di lini tengah bersama Andrea Bertolacci dan  Mario Pasalic.

SIMAK JUGA: Gerard Deulofeu Segera Jajal Peran Baru Di Milan

Sedangkan di lini depan diprediksi akan terjadi perubahan. Carlos Bacca belum kembali ke performa terbaiknya, sejak pergantian tahun ia hanya mampu mencetak dua gol. 

Hal itu membuat penyerang Kolombia tersebut kemungkinan akan diistirahatkan dan memulai laga dari bangku cadangan, sementara Gerard Deulofeu kemungkinan akan menjalankan peran barunya di starting XI sebagai false nine.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:

Lazio XI (4-3-3): Marchetti; Basta, De Vrij, Hoedt, Radu; Parolo, Biglia, Milinkovic-Savic; Felipe Anderson, Immobile, Keita.

AC Milan XI (4-3-3): Donnarumma; Abate, Gustavo Gomez, Zapata, Vangioni; Bertolacci, Locatelli, Pasalic; Suso, Deulofeu, Ocampos.

 

TAHUKAH ANDA?

  • Milan berhasil mengumpulkan 40 poin dalam 23 laga di Serie A musim ini: sejak era kemenangan bernilai tiga poin, mereka selalu finis di empat besar jika berhasil mengumpulkan 40 poin dalam 23 laga.
  • Milan hanya mampu meraih satu poin dalam empat laga pertama di paruh kedua musim – catatan terburuk mereka sejak 1981/82.
  • Hanya Real Madrid, Arsenal, dan AS Monaco (13 gol) yang mampu mencetak lebih banyak gol lewat sundulan dibanding Lazio (12) sejauh ini di lima liga top Eropa.
  • Milan mencetak 70% golnya di liga pada babak kedua: tidak ada tim yang memiliki persentase lebih baik dibanding Rossoneri musim ini.
  • Carlos Bacca selalu berhasil mencetak gol di tiga pertemuan sebelumnya kontra Lazio dalam ajang Serie A – ketiga golnya tercipta dari situasi open play dan dari dalam kotak penalti.

 

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Lazio 1-1 AC Milan