PREVIEW Serie A Italia: Juventus – Empoli

Dalam rentetan tujuh kemenangan beruntun di semua ajang, Empoli berpotensi besar jadi korban kedelapan Juventus.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR       Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Juventus bakal menjamu lawan ringan dalam wujud Empoli di J Stadium, dalam lanjutan Serie A Italia giornata 26, Minggu (26/2) dini hari WIB.

Empoli bisa dikatakan bertamu ke J Stadium di waktu yang sangat salah. Selain karena Juve masih dalam rekor 29 kemenangan kandang beruntun di Serie A, mereka juga dalam rentetan tujuh kemenangan beruntun di semua ajang.

Sejak mengganti formasi menjadi 4-2-3-1, tim asuhan Massimiliano Allegri menang di lima giornata terakhir Serie A, plus masing-masing satu Coppa Italia dan Liga Champions.

Segalanya semakin buruk buat Empoli, karena mereka tak pernah menang atas Juve sejak April 1999 silam. Rekor pertemuan il Tuscany pun mengenaskan, dengan kalah di 16 dari 21 pertemuan sepanjang sejarah. Tanda-tanda Empoli bakal jadi korban kedelapan La Vecchia Signora, juga dipertegas dengan koleksi sebiji poin dari empat giornata terakhir.

Namun tim asuhan Giovanni Martuschiello bisa berharap keajaiban lewat tebalnya dinding pertahanan mereka, karena jadi tim kedua yang paling sering hasilkan clean sheet di Serie A musim ini di bawah Juve!

Pjaca layak dapat menit bermain lebih

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Juventus Kontra Empoli

Jelang digelarnya juru taktik Juve, Allegri, pun mengungkap akan lakukan rotasi di starting XI. Pemain-pemain penting seperti Gianluigi Buffon, Sami Khedira, dan Juan Cuadrado besar kemungkinan dicadangkan.

Dirinya lantas mengkonfirmasi akan menurunkan Leonardo Bonucci sejak awal, setelah sebelumnya disanksi oleh klub hingga tak disertakan hadapi FC Porto. Kesempatan tampil sebagai starter juga berpotensi besar diberikan pada bintang Juve tengah pekan lalu, Marko Pjaca.

“Neto bakal bermain, sementara Buffon akan saya istirahatkan. Begitu juga dengan Khedira. Soal Pjaca? Mungkin dia akan turun, tapi saya juga akan melihat kebutuhan karena Cuadrado dalam kondisi baik,” tutur Allegri, seperti dikutip Goal Italia.

Menit bermain lebih memang layak didapatkan Pjaca. Bintang 21 tahun ini akhirnya mendapatkan momentum ketika mencetak gol perdananya untuk Juve, guna memicu kemenangan 2-0 atas Porto lalu. Semakin sering bermain, semakin besar pula potensinya untuk berkembang.

Bukan tak mungkin pemain internasional Kroasia itu kembali unjuk gigi, kali ini sebagai bintang kemenangan Juve atas Empoli. Mari kita nantikan bagaimana aksinya.

Prakiraan Formasi:

Juventus (4-2-3-1): Buffon; Alves, Bonucci, Chiellini, Sandro; Pjanic, Marchisio; Pjaca, Dybala, Mandzukic; Higuain.

Empoli (4-3-1-2):  Skorupski; Laurini, Bellusci, Costa, Pasqual; Krunic, Diousse, Croce; Kaddouri; Pucciarelli, Maccarone.

Prediksi Goal Indonesia:  Juventus 4-0 Empoli

TAHUKAH ANDA

  • Juve memenangkan 16 dari 21 pertemuannya kontra Empoli di Serie A. Si Nyonya Tua juga tak pernah kalah sejak April 1999.
  • Juve sudah mengoleksi 64 poin dari 25 giornata yang sudah digelar. Hanya pada musim 2005/06 dan 2013/14, perolehan poin mereka lebih baik lewat 66 poin.
  • Empoli cuma raih sebiji poin dari empat giornata terakhir. Padahal di empat giornata sebelumnya, mereka mampu koleksi tujuh poin.
  • Empoli secara mengejutkan merupakan tim terbaik kedua menyoal celan sheet (10). Mereka hanya kalah dari Juve (12).
  • Bersama AS Roma, Juve merupakan tim yang sukses meraih persentase 100 persen kemenangan di kandang. Rekor ini juga lintas lima liga terbaik Eropa.
  • Empoli merupakan tim paling jarang melakukan tembakan di Serie A musim ini (205). Sementara Juve adalah tim yang paling sedikit menderita tembakan dari lawan (221).