PREVIEW Serie A Italia: Crotone – AS Roma

Setelah dihajar Juventus, Crotone akan langsung menjamu tim kuat lain yang tengah dalam motivasi tinggi.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Pekan ini dipastikan menjadi pekan neraka bagi Crotone. Tim promosi yang saat ini terbenam di peringkat 19 klasemen Serie A Italia itu harus berhadapan dengan dua raksasa hanya dalam tempo empat hari.

Setelah Rabu (8/2) kemarin dibekap di kandang sendiri oleh pemuncak klasemen Juventus 2-0, Crotone akan langsung kedatangan tamu lain yang tak kalah menakutkan, AS Roma, Minggu (12/2) petang WIB.

Crotone sebetulnya tidak bermain buruk saat menjamu Juventus tengah pekan lalu. Tim asuhan Davide Nicola itu mampu membatasi ruang gerak Juve dan baru kebobolan di babak kedua. I Pitagorici tentu berharap bisa mengulangi performa tersebut saat melawan Roma. Dalam jumpa pers jelang laga, Nicola bahkan mengaku akan menggunakan taktik “parkir bus”.

SIMAK JUGA: Nainggolan Akui Benci Juventus

“Tak diragukan lagi, kami akan mengandalkan serangan balik. Kami akan melakukan beberapa penyesuaian setelah laga kontra Juventus. Performa sukses melawan tim besar bukan cuma dinilai dengan tidak kebobolan enam atau tujuh gol, namun juga bermain dengan penuh harga diri. Jika diperlukan, kami siap untuk memarkir bus di depan gawang,” kata Nicola.

Dengan demikian, tinggal menanti efektivitas para pemain Roma di depan gawang. Kemenangan telak 4-0 atas Fiorentina di laga terakhir setidaknya menjadi bukti bahwa I Giallorossi tengah on-fire dan siap untuk menyerang total saat berkunjung ke Stadio Ezio Scida.

Radja Nainggolan RomaRoma bakal tampil menyerang total kontra Crotone.

Saat jumpa Fiorentina, trio gelandang Kevin Strootman, Daniele De Rossi, dan Radja Nainggolan mampu bekerja sempurna sehingga bisa mengkreasikan banyak peluang. Edin Dzeko pun dimanjakan dengan situasi itu sehingga sanggup mencetak brace. Kini, Dzeko naik ke tangga teratas Capocannoniere dengan 17 gol.

Ancaman lini depan Roma bakal semakin besar setelah Mohamed Salah sudah siap dimainkan seusai bertugas mengantar Mesir menjadi runner-up Piala Afrika 2017. Namun, Francesco Totti dikonfirmasi bakal absen karena sakit perut.

Meski Roma diunggulkan, pelatih Luciano Spalletti tak ingin jemawa. “Kami tidak boleh berpuas diri atau berpikir bahwa pertandingan ini sudah dimenangkan. Jika kami gagal menang melawan Crotone, maka akan sama artinya dengan menjatuhkan poin melawan Napoli atau Juventus,” ujarnya waspada

 

PRAKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:

Crotone (4-4-2): Cordaz; Rosi, Ceccherini, Ferrari, Mesbah; Simpirisi, Barberis, Crisetig, Stoian; Trotta, Falcinelli

AS Roma (3-4-2-1): Szczesny; Manolas, Fazio, Rudiger; Peres, De Rossi, Strootman, Emerson; Nainggolan, Salah; Dzeko

 

TAHUKAH ANDA?

  • Pertemuan perdana Roma-Crotone di Olimpico yang berakhir 4-0 untuk tuan rumah adalah duel perdana kedua tim dalam sejarah Serie A.
  • Crotone gagal mencetak gol dalam lima dari tujuh partai Serie A terakhir.
  • Bersama Palermo, Crotone menjadi tim yang tidak pernah mendapatkan poin setiap kali kebobolan terlebih dulu di Serie A musim ini.
  • Roma mampu mencatatakan empat clean sheet dalam lima partai Serie A terakhir. Mereka juga tim yang paling sedikit kebobolan dari situasi bola mati di Serie A musim ini.
  • Roma adalah tim yang paling banyak melakukan sentuhan bola di kotak penalti lawan di Serie A musim ini (679).
  • Terdapat dua pemain Crotone yang mengawali kariernya di Serie A bersama Roma, yakni Adrian Stoian (Maret 2009) dan Aleandro Rosi (Mei 2005).

 

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Crotone 0-3 Roma