PREVIEW Serie A Italia: Cagliari – Juventus

Duel ringan hadapi tim yang punya pertahanan terburuk kedua di Serie A Italia musim ini, selayaknya diakhiri Juventus dengan kemenangan.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR       Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Juventus diprediksi bakal menjalani duel mudah di Saint’Elia, markas Cagliari, dalam lanjutan Serie A Italia giornata 24, Senin (12/2) dini hari WIB.

Bukan tanpa alasan, karena Juve dan Cagliari memang bagaikan langit dan bumi. Si Nyonya Tua merupakan peraih Scudetto lima musim terakhir dengan skuat bintang lima, sementara sang tuan rumah hanyalah tim promosi.

Fakta juga mengungkap bahwa Juve hanya pernah kalah sekali dari 12 pertemuan terakhirnya melawan Cagliari. Musim ini performa Isolani juga tak bisa dibilang cukup, karena terpuruk di peringkat 15 dan sudah kebobolan 48 gol, yang jadi angka terburuk kedua di kompetisi.

Hasrat Juve juga tentu semakin membesar, di samping kukuhkan status sebagai Capolista. Jika berhasil menang, itu akan jadi kemenangan ke-100 buat sang pelatih, Massimiliano Allegri, selama tangani La Vecchia Omcidi. Selain itu Gianluigi Buffon cs juga tak pernah torehkan lima kemenangan beruntun di Serie A musim ini.

Marchisio wajib buktikan diri

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Cagliari Kontra Juventus

Meski begitu, Allegri tetap memungkinkan lakukan rotasi untuk menjaga level kompetitif skuatnya tetap tinggi. Beberapa nama yang jarang tampil siap diturunkan, layaknya Stefano Sturaro, Marko Pjaca, dan Claudio Marchisio.

Khusus untuk Marchisio, cedera yang kerap memangkas waktu bermainnya selama setahun terakhir perlahan membuat posisinya di starting XI mulai tersingkir. Karenanya kesempatan mentas ini, bisa dijadikan gelandang 32 tahun itu untuk buktikan diri bahwa dirinya belum habis.

Di lini depan Juve akan kembal andalkan sang ujung tombak, Gonzalo Higuain, seiring Mario Mandzukic yang besar kemungkinan bakal diistirahatkan. El Pipita sedang tajam-tajamnya, dengan cetak sembilan gol dari delapan giornata terakhir. Dirinya total sudah mengoleksi 16 gol di Serie A musim ini.

Kejutan selalu mungkin di sepakbola, tapi melihat segala situasinya, tampak mustahil buat Juve gagal petik tiga poin di Sant’Elia. Kemenangan lewat skor telak bahkan bisa jadi hasil akhirnya.

Prakiraan Formasi:

Cagliari (4-3-1-2): Rafael; Pisacane, Alves Capuano, Murru; Isla, Tachsidis, Dessena; Gennaro; Sau, Borriello.

Juventus (4-2-3-1):  Buffon; Alves, Bonucci, Chiellini, Sandro; Pjanic, Marchisio; Cuadrado, Dybala, Pjaca; Higuain.

Prediksi Goal Indonesia:  Cagliari 0-3 Juventus

TAHUKAH ANDA

  • Cagliari hanya raih sebiji kemenangan dari 12 bentrok terakhir hadapi Juve di Serie A. Selebihnya mereka kalah sembilan kali dan imbang tiga kali. Lima partemuan terakhir bahkan dimenangkan oleh La Vecchia Omcidi.
  • Juve selalu menang di dua partai tandang terakhirnya di Serie A. Terakhir kali torehkan hat-trick kemenangan di laga kandang, terjadi pada April 2016 lalu.
  • Cagliari raih 23 poin ketika bermain di kandang dan empat poin di partai tandang. Kesenjangan terbesar di Serie A musim ini.
  • Juve mengoleksi 11 clean sheet di Serie A musim ini, lebih baik ndari tim manapun.
  • Bomber utama Cagliari, Borriello, sudah 17 kali bertemu Juve dengan hanya cetak dua gol dan telan 11 kekalahan.