PREVIEW Serie A Italia: Bologna – AC Milan

Laga ini akan menjadi pertemuan dari dua tim yang sedang terluka, siapakah yang mampu bangkit?


OLEH DIMAS PANJI SETYADI     Ikuti di twitter


Bologna dan AC Milan sama-sama mengalami kekalahan pada laga akhir pekan lalu, kini keduanya akan berjuang untuk mampu bangkit dalam laga yang akan berlangsung di Stadio Rentao Dall’Ara, Kamis (9/2) dini hari WIB.

Laga tengah pekan ini merupakan laga tunda karena Milan harus menjalani laga Supercoppa Italiana. Setelah berhasil menjadi juara di ajang tersebut Desember lalu, performa Milan justru cenderung menurun.

Sejak Januari lalu tim asuhan Vincenzo Montella hanya mampu meraih dua kemenangan, satu imbang, dan menderita empat kekalahan beruntun. Setelah takluk dengan skor tipis 2-1 dari Napoli, Juventus (Coppa Italia), dan Udinese, Milan takluk 1-0 saat menjamu Sampdoria, Minggu (5/2).

SIMAK JUGA: Sampai Kapan Neraka AC Milan Berakhir?

Gianluigi Donnarumma Milan Sampdoria Serie A

Deretan kekalahan tersebut membuat Milan terlempar dari zona Eropa dan kini menempati peringkat tujuh klasemen. Mereka berjarak lima poin dari posisi lima yang ditempati rival sekota mereka Inter.

Sementara itu Bologna juga sedang berada di kondisi yang tidak baik. Setelah sukses mengalahkan Crotone dan Torino serta bermain imbang kontra Cagliari di ajang Serie A, pekan lalu tim asuhan Roberto Donadoni itu  kalah telak 7-1 dari Napoli.

Bologna kini menempati peringkat 13 di klasemen. Jika berhasil mengalahkan Milan mereka berpeluang naik ke posisi 11.

Mertens Bologna Napoli Serie A

SIMAK JUGA – Vincenzo Montella: Masalah Dengan Carlos Bacca Sudah Beres

Kedua pelatih pun menegaskan ingin membawa timnya kembali ke jalur kemenangan, laga sengit diprediksi akan terjadi.

“Kedua tim ingin bangkit setelah mengalami kekalahan. Saya harap kami bisa menunjukkan keinginan yang lebih besar. Di samping laga terakhirnya Bologna menunjukkan keseimbangan yang bagus. Kami harus bisa bermain lebih baik,” ujar Montella dalam sesi konferensi pers jelang laga.

Sedangkan Donadoni berharap timnya bisa segera melupakan kekalahan telak dari Napoli.

“Kami harus menatap laga baru ini. Kami harus menjalaninya dengan baik, dan tidak boleh lagi memikirkan tentang laga kontra Napoli,” ujar Donadoni.

“Kami harus memikirkan beberapa hal positif yang kami lakukan, dan melupakan tentang hasil itu. Kami akan lebih fokus menghadapi Milan. Milan sedang berada di situasi sulit seperti kamu, jadi kedua tim akan berusaha menebus hasil buruk yang diraih,” tambahnya.

HEAD TO HEAD

Dalam aspek head to head, Milan cukup dominan, mereka berhasil memenangkan 61 dari 136 laga kontra Bologna di ajang Serie A (37 imbang, 38 kalah). 

Rossoblu hanya mampu memenangkan satu dari 13 laga terakhir mereka kontra Milan di ajang Serie A (empat imbang, delapan kalah). Itu terjadi pada paruh pertama musim lalu, Bologna berhasil menang 1-0 saat bertandang ke markas Milan, San Siro.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada musim lalu tepatnya 7 Mei 2016. Bologna yang bermain sebagai tuan rumah kalah tipis 1-0, gol Milan tercipta pada menit ke-40 lewat penalti Carlos Bacca.

Carlos Bacca Bologna Milan Serie A 7052016

Terakhir kami Bologna mampu meraih kemenangan kandang saat menjamu Milan terjadi pada Serie A musim 2001/02. 
Kala itu Rossoblu menang 2-0.

Bologna telah kebobolan sebanyak 211 gol dalam 136 pertemuan dengan Milan. Rossoneri tercatat sebagai tim yang paling sering menjebol gawang Rossoblu di kompetisi teratas Italia.

KONDISI TIM

Selain kehilangan Giacomo Bonaventura hingga akhir musim, pada laga ini Milan juga masih akan menghadapi krisis di lini belakang. Mattia De Sciglio diprediksi akan absen hingga akhir musim sementara Luca Antonelli baru akan pulih dua pekan mendatang. Davide Calabria juga belum berada dalam kondisi bugar untuk dapat dimainkan.

Beruntung Ignazio Abate kemungkinan telah siap bermain 90 menit. Leonel Vangioni diprediksi akan menjadi pemain inti di posisi bek kiri, dan Alessio Romagnoli akan kembali bermain sebagai bek tengah.

Di lini tengah Jose Sosa yang harus absen setelah mendapat kartu merah di laga kontra Sampdoria akan diisi oleh Manuel Locatelli atau Andre Bertolacci yang tampil solid di laga pekan lalu. 

Montella mengatakan akan melakukan beberapa perubahan yang sulit diprediksi. “Saya belum memutuskan. Saya mungkin akan membuat beberapa perubahan. Prediksi Anda semua akan salah,” ungkap Montella.

“Saya akan melihat kondisi terkini Bertolacci. Calabria tidak ikut berlatih. Vangioni fit, dan jika saya merasa tim membutuhkannya, saya tentu akan memainkannya,” tambahnya.

Sementara itu Bologna juga akan kehilangan pemain pentingnya. Sang kiper andalan Antonio Mirante mengalami cedera dan akan digantikan Angelo da Costa. Sedangkan dua mantan pemain Milan Simone Verdi dan Mattia Destro kemungkinan akan menjadi andalan di lini depan Rossoblu.

 

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:

Bologna XI (4-3-3): Da Costa: Torosidis, Oikononmou, Maietta, Masina; Džemaili, Taïder, Nagy; Verdi, Destro, Krejčí.

Milan XI (4-3-3): Donnarumma; Abate, Paletta, Romagnoli, Vangioni; Kucka, Locatelli, Pašalić; Suso, Bacca, Deulofeu.

 

TAHUKAH ANDA?

  • Milan telah mengalami tiga kekalahan beruntun di ajang liga: terakhir kali mereka kalah empat kali beruntun di Serie A terjadi pada April 1986.
  • Bologna kebobolan tujuh gol dalam laga terakhirnya di Serie A kontra Napoli, sebelumnya mereka hanya kebobolan tujuh gol dalam delapan laga.
  • Bologna mendapatkan kartu merah terbanyak (9) di Serie A 2016/17
  • Mattia Destro hanya mampu mencetak satu gol dalam delapan laga kontra Milan di Serie A  (Pada Desember 2013, ketika masih bermain untuk AS Roma).
  • Vincenzo Montella menjalani debutnya sebagai manajer di Serie A saat berhadapan dengan Bologna Februari 2011 (Roma-Bologna 1-0).

 

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Bologna 0-1 AC Milan