PREVIEW Piala FA: Wolverhampton Wanderers – Chelsea

Dua wakil Liga Primer, salah satunya Liverpool, sudah menjadi korban Wolves. Sanggupkah Chelsea menyudahi kiprah sang pembunuh raksasa?


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Selama dua pekan sampai akhir Februari, Chelsea bakal menepi sejenak dari hiruk-pikuk Liga Primer Inggris. Absensi dari sepakbola Eropa membuat The Blues lebih santai menjalani periode tersebut di mana mereka hanya akan melakoni satu partai, yakni melawan Wolverhampton Wanderers dalam ronde kelima Piala FA di Stadion Molineux, Minggu (19/2) dini hari WIB.

Meski menghadapi lawan dari divisi Championship, Chelsea tetap wajib menyalakan alarm bahaya. Pasalnya, Wolverhampton telah menunjukkan potensinya sebagai tim kejutan di Piala FA musim ini setelah sukses menyingkirkan dua wakil Liga Primer, Stoke City (2-0) dan Liverpool (2-1) di babak sebelumnya. Bahkan, Wolves melakukan semuanya itu dengan status sebagai tim tamu.

Antisipasi dini perlu dilakukan Chelsea agar mereka terhindar menjadi korban Wolves selanjutnya. Manajer Antonio Conte pun sejak awal sudah mewanti-wanti timnya untuk tetap fokus demi ambisi mengejar domestic double, yakni mengawinkan titel Liga Primer dan Piala FA. “Penting untuk menjaga konsentrasi saat ini, yakni melawan Wlverhampton. Kami harus melangkah ke ronde selanjutnya,” ungkap Conte.

HD Liverpool lose v WolvesWolves, sang penakluk Liverpool, menjadi ancaman bagi Chelsea.

Conte juga mengonfirmasi bakal melakukan beberapa rotasi, di antaranya adalah mengistirahatkan David Luiz dan Marcos Alonso. John Terry dan Nathan Ake berpotensi menjadi penggantinya. Namun, Conte mengungkapkan bahwa Starting XI pilihannya di laga ini hanya akan diberikan kepada para pemainnya yang “tidak bahagia”.

“Cara terbaik adalah selalu membuka pintu. Jika pemain bertanya kepada saya [mengapa mereka tidak dimainkan], saya akan menjelaskannya. Saya suka berbicara jujur kepada pemain. Setiap pemain tentu tidak bahagia ketika mereka tidak masuk dalam susunan pemain,” terang Conte.

SIMAK JUGA: Conte: Tugas Saya Bukan Menyenangkan Pemain

“Dan saya memang ingin mereka tidak bahagia, karena itu artinya mereka akan bertarung dan membuat saya tertekan. Dengan adanya masalah, maka saya bisa menemukan solusi terbaik untuk tim. Saya senang tim ini sudah tumbuh dewasa di segala aspek: teknik, taktik, dan mental,” jelasnya.  

Sementara itu, tuan rumah Wolverhampton tentu berharap bisa merepotkan Chelsea dengan mengulangi performa nothing to lose seperti saat melawan Liverpool. Akan tetapi, meski berstatus sebagai pembunuh raksasa, tim asuhan Paul Lambert itu tengah dalam performa jeblok. Mereka belum pernah menang di bulan Februari ini, dengan menelan tiga kekalahan beruntun.

 

PRAKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:

Wolverhampton (4-2-3-1): Ikeme, Coady, Batth, Stearman, Doherty; Edwards, Price; Weimann, Enobakhare, Helder Costa; Bodvarsson.

Chelsea (3-4-3): Begovic; Zouma, Terry, Cahill; Pedro, Fabregas, Chalobah, Ake; Willian, Batshuayi, Loftus-Cheek.

 

TAHUKAH ANDA?

  • Duel terakhir Chelsea dengan Wolverhampton di Piala FA terjadi pada musim 1993/94 di ronde keenam. Ketika itu Chelsea menang 1-0.
  • Adapun pertemuan terakhir kedua tim di ajang piala terjadi pada September 2012 di babak ketiga Piala Liga. Chelsea menang telak 6-0 atas Wolves.
  • Chelsea mampu menang sembilan kali dari sepuluh laga melawan Wolves di semua kompetisi (M9 S0 K1). Tujuh laga di antaranya berakhir dengan clean sheet untuk Chelsea
  • Jika menang, Wolverhampton mampu mengikuti jejak Barnsley di musim 2007/08 sebagai tim yang mampu menyingkirkan Chelsea dan Liverpool di Piala FA.
  • Di Piala FA musim ini, Pedro Rodriguez sudah mencetak tiga gol dan dua assist untuk Chelsea. Adapun di kubu Wolves, Helder Costa tercatat sebagai yang tertajam dengan satu gol dan dua assist.

 

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Wolverhampton 0-3 Chelsea