PREVIEW Liga Primer Inggris: Arsenal – Hull City

Manajer Hull City Marco Silva punya kenangan manis saat membungkam Arsenal di Emirates Stadium dan kekalahan bisa memupus harapan juara klub London Utara.


OLEH   ANUGERAH PAMUJI     Ikuti di twitter


 

Menjamu Hull City, Arsenal sepertinya bakal mengalami deja vu. Apa pasal?

Kembali memperpanjang tren kekalahan akan memupus segala harapan The Gunners untuk bersaing menuju tangga juara musim ini. Target Liga Champions, Piala FA dan empat besar memang masih tersedia bagi Arsenal, akan tetapi musim ini episode yang dilalui klub London Utara selalu sama dari musim ke musim, stagnan. Hal ini bisa semakin membuat moral fans terguncang.

Manajer Arsene Wenger, yang harus menonton anak-anak didiknya bertarung dari tribun karena skorsing saat tim menelan kekalahan dari Watford dan Chelsea, mengakui jika fans telah sedikit kehilangan perspektif positif pada timnya.

“Fans kami konsisten dan memiliki tingkat ekspektasi yang sangat tinggi, sebagaimana yang juga saya miliki,” ujar Wenger kepada reporter.

“Namun, Anda tidak bisa menjadi fan sampai hari Selasa dan tidak menjadi fan lagi dan tidak mendukung tim pada Sabtu ini. Itu tidak masuk akal. Semua klub yang kami hadapi, Manchester United, City, Liverpool, mereka juga memiliki ekspektasi yang tinggi dan sejarah yang besar.”

“Kami sedang berjuang ke arah sana. Kami tentu saja harus bersatu atau kami tidak memiliki kesempatan untuk melakukannya. Ada Tottenham [Hotspur], semua orang berjuang dan mendukung timnya. Kami harus melakukan hal yang sama persis. Bahkan, jika kami menelan dua hasil mengecewakan.”

Para pemain Arsenal menyadari, kembali bersatu akan memudahkan laju mereka di laga berikutnya. Tapi Hull bukanlah lawan yang mudah ditebak. Efek Marco Silva di Hull tengah menjadi sorotan.

SIMAK JUGA: Hull Ingin Buka Luka Lama Arsenal

Pria Portugal yang dijuluki mini-Mourinho itu telah menampakkan kualitas cara memotivasi tim ala Jose di masa lampau sejak kedatangannya sebulan yang lalu. The Tigers memenangkan seluruh empat pertandingan kandang mereka di bawah Silva dan menampilkan performa menjanjikan saat bentrok dengan tim-tim besar – imbang kontra Manchester United dan mengalami kekalahan yang tak pantas menghadapi sang pemuncak klasemen Chelsea dan yang terbaru menumbangkan Liverpool.

Meski begitu, sang pelatih berambisi untuk mendorong para pemainnya tetap berpikir realisits alias tidak berharap muluk. Setidaknya, meraup sejumlah poin dan berada di zona aman adalah pencapaian yang patut digalakkan.

“Saya bukanlah pekerja ajaib. Tapi itu bukanlah hal penting. Saya seorang pekerja, saya ingin bekerja dan tetap menjaga target kami agar selalu berada di kepala kami. Tapi, kaki saya selalu membumi,” papar Silva.

“Tentu saja, kali terakhir saya bermain di sana, sungguh hasil yang bagus bagi kami, bagi Olympiacos. Tapi sekarang berbeda. Kompetisinya pun berbeda. Momennya berbeda dan ini adalah klub yang berbeda.”

Seperti diketahui, Silva terakhir kali menghadapi Arsenal di Emirates sebagai manajer Olympiacos, yang mampu tampil mengejutkan dengan membalikkan keadaan untuk menang 3-2 di Liga Champions.

Namun, untuk mengulangi kisah heroik di atas, Silva sepertinya akan kesulitan mengingat krisis cedera yang menimpa skuatnya. Striker Abel Hernandez dan bek Michael Dawson memperpanjang daftar cedera sebelumya – Curtis Davies, Ryan Mason, Will Keane, Moses Odubajo, Markus Henriksen, Greg Luer dan Brian Lenihan.

Sementara di kubu Arsenal, mereka harus kehilangan Aaron Ramsey dan Santi Cazorla karena cedera, sedang Granit Xhaka menjalani skorsing, tapi Hector Bellerin dinyatakan fit untuk bertanding.

Hull tak pernah mengalahkan The Gunners sejak kedua tim berjumpa di Liga Primer Inggris pada 2008 silam, imbang dua kali dan menelan delapan kekalahan dari sepuluh pertandingan.

Prakiraan Formasi

Arsenal [4-2-3-1]: Cech – Gabriel, Mustafi, Koscielny, Monreal – Elneny, Coquelin – Iwobi, Ozil, Welbeck – Sanchez

Hull City [4-2-3-1]: Jakupovic – Elabdellaoui, Maguire, Ranocchia, Robertson – M’Diaye, Huddlestone – Grosicki, Clucas, Markovic – Niasse

Prediksi Goal

Arsenal 3-1 Hull City

Data & Fakta

  • Arsenal tak terkalahkan dalam 13 perjumpaan terakhir dengan Hull City di seluruh kompetisi.
  • The Gunners mencetak empat gol di setiap dua laga terakhir kontra The Tigers [di liga dan Piala Fa].
  • Hull City menahan imbang tanpa gol Arsenal di Emirates dalam putaran kelima Piala FA musim lalu, sebelum tim pertama kalah saat menjalani replay.
  • Arsenal mengalami dua kekalahan beruntun di liga, tapi mereka tak pernah mencatatkan tiga berturut-turut sejak Januari 2012.
  • Alexis Sanchez mencetak lima gol dari tiga laga kontra Hull City di liga.
  • Marco Silva meraup tujuh poin saat mulai bertugas di empat laga Liga Primer, perolehan yang sama bersama manajer sebelumnya yang memerlukan hingga 18 pertandingan.
  • Ini akan menjadi perjumpaan keempat Marco Silva dengan salah satu klub enam besar Liga Primer dalam lima laga pertamanya sebagai manajer Hull City. Timnya sempat mengalahkan Liverpool, imbang kontra Manchester United dan dikalahkan Chelsea.