PREVIEW Liga Champions: Paris Saint-Germain – Barcelona

Mampukah Paris Saint-Germain raih bekal meyakinkan hadapi salah satu momok terbesarnya di Liga Champions?


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Bentrok besar siap tersaji di Parc des Princes markas Paris Saint-Germain tatkala menjamu Barcelona, dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (14/2) dini hari WIB.

Duel antara tim kompetitor kuat juara ini sudah jadi yang ketujuh dalam lima edisi terakhir. Sebelumnya enam pertemuan sebelumnya Barca unggul telak, lewat tiga kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah.

Karenanya meski dihuni begitu banyak pemain bintang, PSG kembali tak jadi unggulan dalam bentrok kali ini. Apalagi performa mereka musim ini tak sesuperior biasanya, dengan kini masih harus mengejar AS Monaco di Ligue 1 Prancis dan lolos ke babak gugur Liga Champions lewat status runner-up.

Segalanya diperburuk dengan rekor pelatih PSG, Unai Emery, menghadapi Barca. Eks nakhoda Sevilla ini menelan 16 kekalahan, enam kali seri, dan hanya sekali menang dalam 23 pertemuannya.

Cavani diharapkan tajam di laga besar

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Paris Saint-Germain Kontra Barcelona

Namun bukan berarti PSG tak boleh optimistis menghadapi duel ini. Selain diuntungkan dengan bermain di kandang, Les Parisiens juga dalam rentetan sembilan kemenangan tanpa pernah kalah dalam sepuluh partai terakhir di semua kompetisi.

Sang ujung tombak, Edinson Cavani, akan jadi tumpuan utama karena sedang tajam-tajamnya. Pemain 29 tahun ini tak henti mencetak gol dalam lima laga terakhir, lewat jumlah tujuh gol.

Meski begitu keriskanan tetap mendera Cavani, karena dirinya kerap membuang-buang peluang di partai besar atau krusial. Selayaknya di musim ini, kalah hadapi Arsenal, AS Monaco, hingga OGC Nice.

Untuk Barca, selain rekor apiknya hadapi PSG, mereka juga mereka juga sedang bangkit di kompetisi lokal. Dari 13 partai terakhirnya di Spanyol, Blaugrana sukses petik 11 kemenangan tanpa pernah kalah.

Segalanya diperindah dengan sudah fitnya sang kapten, Andres Iniesta, yang masih jadi nyawa permainan lini tengah Barca. Duel akan berlangsung ketat, tapi faktor pengalaman tampaknya bakal menguntungkan Los Cules sebagai bekal di Camp Nou pada leg kedua nanti.

Prakiraan Formasi:

Paris Saint-Germain (4-3-3): Trapp; Aurier, Marquinhos, Kimpembe, Kurzawa; Moura, Cavani, Di Maria.

Barcelona (4-3-3): Stegen; Roberto, Pique, Umtiti, Alba; Rakitic, Busquets, Iniesta; Messi, Suarez, Neymar.

Prediksi Goal Indonesia: PSG 2-2 Barca

TAHUKAH ANDA

  • Terakhir kali PSG singkirkan Barca dari UCL terjadi di musim 1994/95 di babak perempat-final. Setelah itu PSG selalu tersingkir bila bertemu Barca di babak gugur.

  • Barca selalu keluar sebagai pemenang dalam tiga bentrok terakhir hadapi PSG. Mereka mencetak delapan gol dan hanya kebobolan dua gol.

  • PSG hanya kalah sekali dalam 42 laga terakhirnya di Liga Champions. Kekalahan itu didapat dari Barca, pada April 2015 lalu.

  • Barca menang sembilan kali dalam 11 laga terakhirnya di babak gugur Liga Champions.

  • Barca memegang rekor selalu lolos ke babak gugur Liga Champions dalam sembilan musim terakhir. Catatan terpanjang dalam sejarah turnamen.

  • PSG juga selalu lolos dari babak grup Liga Champions dalam empat musim terakhir. Namun mereka selalu tersingkir di babak perempat-final.

  • Empat kali bertemua Barca, top skor PSG musim ini, Edinson Cavani, gagal cetak sebiji gol pun.