PREVIEW Liga Champions: Benfica – Borussia Dortmund

Lolos ke babak gugur dengan kondisi compang-camping, mampukah Benfica mengejutkan Borussia Dortmund?


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Duel seru akan tersaji tatkala Benfica harus menjamu Borussia Dortmund, dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (14/2) dini hari WIB.

Benfica yang bermain di Estadio da Luz jelas akan diuntungkan. Namun mentalitas mereka di turnamen ini patut dipertanyakan, karena lolos ke babak gugur dengan kondisi compang-camping.

Bahkan bisa dibilang beruntung, karena cukup dengan delapan poin, Benfica berhasil lolos lewat status runner-up Grup. Walau begitu, bukan berarti tim asuhan Rui Vitoria layak diremehkan.

Benfica tetaplah menyandang status tim besar di Eropa, dengan gelar sepasang Liga Champions dan rutinnya lolos ke turnamen prestise itu. Musim lalu As Aguias bahkan sampai ke babak perempat-final dan harus disingkirkan Bayern Munich dengan susah payah.

Selain itu Tim Elang punya bomber tajam sekelas Kostas Mitroglou, yang musim ini sudah torehkan 18 gol dari 29 laga di semua kompetisi. Kemajalannya di Liga Champions musim ini, wajib diakhiri dalam bentrok krusial hadapi Dortmund.

Mitroglou diharapkan pertahankan ketajamannya

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Paris Benfica Kontra Dortmund

Bagi Dortmund, Benfica yang di atas kertas akan mudah mereka singkrikan bisa jadi petaka. Walau tim Jerman punya rekor bagus hadapi jagoan Portugal itu (menang sembilan kali dan hanya kalah sekali, dalam 15 bentrok terakhir di Liga Champions), situasi Die Borussen tengah tak kondusif.

Dortmund baru saja menelan kekalahan mengejutkan dari tim juru kunci Bundesliga Jerman, Darmstadt, akhir pekan lalu. Selain itu badai cedera juga belum pergi, dengan pemain-pemain sekaliber Mario Gotze, Lukasz Piszczek, dan Marcel Schmelzer, yang mendekam di meja perawatan.

Meski begitu sedikit harapan cerah nampak dengan sudah kembalinya Marco Reus, Raphael Guerreiro, dan Andre Schurrle, dari cedera. Kehadiran ketiganya, meski mungkin tak sejak menit pertama, akan jadi tambahan kualitas yang signifikan.

Sulit memprediksi siapa yang akan menang di pertandingan ini, karena kedua tim harus diakui dalam level yang sama. Hasil imbang dengan drama gol — seturut gaya bermain mereka yang menyerang — bisa jadi hasil akhir.

Prakiraan Formasi:

Benfica (4-4-2): Moraes; Nelsinho, Luisao, Lindelof, Almeida; Salvio, Fejsa, Pizzi, Cervi; Mitroglu, Jonas.

Dortmund (4-1-4-1): Burki; Ginter, Sokratis, Bartra, Guerreiro; Weigl; Pulisic, Dembele, Castro, Reus; Aubameyang.

Prediksi Goal Indonesia: Benfica 2-2 Dortmund

TAHUKAH ANDA

  • Satu-satunya pertemuan Benfica dan Dortmund terjadi di Babak 1 Piala Champions 1963/64. Dortmund lolos lewat keunggulan agregat 7-1.

  • Dalam 15 pertemuan terakhir di Piala/Liga Champions, Benfica hanya menang sekali, dengan lima lima lainnya berakhir imbang dan lima sisanya berujung kekalahan. 

  • Dortmund selalu lolos lewat status juara grup pada empat partisipasi terakhirnya di Liga Champions.

  • Dortmund merupakan satu dari enam klub lain yang belum terkalahkan di Liga Champions musim ini.

  • Meski begitu Dortmund menelan enam kekalahan dari delapan laga di babak gugur, dengan dua sisanya berakhir imbang.

  • Benfica hanya kalah sekali dalam tujuh laga kandang terakhirnya di babak gugur Liga Champions. Itu terjadi kala menjamu Chelsea pada Maret 2012.

  • 21 gol yang Dortmund cetak di babak grup Liga Champions musim ini, jadi yang terbanyak sepanjang sejarah turnamen. Sementara 10 gol yang Benfica derita di babak grup Liga Champions musim ini, jadi catatan terburuk klub asal ibu kota Portugal tersebut.