PREVIEW Liga Champions: Bayern Munich – Arsenal

Ini menandai kesempatan ketiga Bayern Munich dan Arsenal bentrok di fase gugur Liga Champions dalam lima tahun terakhir.


OLEH   DEDE SUGITA     Ikuti di twitter


Dua lawan familiar ini berjumpa lagi. Untuk kali ketiga dalam lima tahun terakhir Bayern Munich dan Arsenal bakal saling berhadapan di babak 16 besar Liga Champions, dengan sang jawara Jerman menjadi tuan rumah terlebih dahulu di Allianz Arena, Kamis (16/2) dini hari WIB.

The Gunners mungkin mengutuk keberuntungan mereka saat hasil undian muncul pada 12 Desember silam. Keberhasilan finis sebagai juara grup di fase penyisihan untuk  kali pertama sejak 2011/12 justru mempertemukan mereka dengan Bayern, yang dapat dikategorikan sebagai nemesis skuat Arsene Wenger.

Walau “hanya” menjadi runner-up Grup D di bawah Atletico Madrid, Die Roten tetap salah satu kandidat terkuat juara di bawah komando Carlo Ancelotti, pelatih peraih tiga trofi La Orejona.

JADWAL 16 BESAR LIGA CHAMPIONS

Arsenal memiliki rekor negatif selalu terhenti di 16 besar dalam enam musim ke belakang, dua di antaranya disingkirkan Bayern. The Bavarians juga pernah mendepak The North Londoners di babak yang sama pada 2004/05.

Statistik mengilap untuk kubunya tidak membuat Ancelotti terlena.

“Saya tidak memperhitungkan ini dalam pertimbangan. Ini tak akan menjadi penghalang psikologis [untuk Arsenal], dan kalaupun ada penghalang psikologis itu berarti mereka ingin melewatinya dengan laga melawan kami ini,” kata pria Italia itu dalam konferensi pers.

“Saya menaruh respek tinggi bahwa Arsenal dapat memainkan sepakbola fantastis ketika mereka nyaman di lapangan. Kami harus mampu membuat mereka tidak nyaman di lapangan.”

“Kami tidak akan bermain untuk mencegah kebobolan, kami bermain untuk menampilkan performa bagus, untuk memegang kontrol pertandingan.”

Bayern Munich vs Arsenal Galería

“Benar bahwa Arsenal sangat berbahaya dalam serangan balik, mereka memiliki pemain-pemain cepat, fantastis, dan kami memperhitungkan itu. Tetapi ini adalah duel 180 menit,, bukan hanya 90 dan jika ingin melaju kami harus bermain baik selama 180 menit.”

Mantan bos Real Madrid ini kehilangan servis bek tengah Jerome Boateng dan winger Franck Ribery, sementara Xabi Alonso juga diragukan bertanding akibat cedera lutut. Namun, Bayern memiliki stok lebih dari memadai untuk mengkover ketiga pemain inti tersebut.

Adapun Wenger di pihak tamu masih tanpa Aaron Ramsey dan Santi Cazorla, dan sang manajer mengonfirmasikan ia akan tetap menaruh kepercayaan pada David Ospina untuk turun sebagai kiper utama. Pemain Kolombia itu sebelumnya bermain penuh dalam enam laga Arsenal di fase grup.

“Saya tak menyembunyikan apa pun, posisi kiper akan menjadi milik Ospina karena kualitas performanya,” tutur The Professor.

“Kami berada di 16 besar karena kami finis teratas di grup. Bila Anda menganalisa performanya dalam setiap pertandingan, kami berada di posisi ini berkat performa hebatnya.”

Prakiraan Susunan Pemain

Bayern (4-3-3): Neuer; Lahm, Martínez, Hummels, Alaba; Thiago, Kimmich, Vidal; Robben, Lewandowski, Muller

Arsenal (4-2-3-1): Ospina; Bellerín, Koscielny, Mustafi, Monreal; Elneny, Coquelin; Walcott, Ozil, Iwobi; Sanchez

Prediksi Goal Indonesia: Bayern Munich 3-1 Arsenal