PREVIEW La Liga Spanyol: Barcelona – Athletic Bilbao

Athletic Bilbao bisa jadi kerikil tajam yang menyakitkan buat Barcelona, dalam usaha mengejar Real Madrid di puncak klasemen.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Bermain di Camp Nou Barcelona wajib meraih kemenangan atas Athletic Bilbao, pada jornada 21 La Liga Spanyol, Sabatu (4/2) malam WIB.

Setelah sukses bangkit dengan petik lima kemenangan beruntun (dua di La Liga), Barca kembali tersandung dengan hanya beroleh hasil imbang 1-1 di markas Real Betis pekan lalu.

Meski hasil negatif itu terjadi secara kontroversial, dampaknya cukup signifikan karena Barca jadi makin tertinggal dari Real Madrid, sang pemuncak klasemen sementara La Liga. Kedua tim kini jadi terpisah empat poin, dengan Los Blancos masih menyimpan satu partai.

Karenanya tiga poin wajib hukumnya, dalam duel melawan Bilbao jika tak ingin makin tertinggal. Untungnya situasi Blaugrana sudah membaik, sebagaimana tengah pekan lalu raih kemenangan krusial di markas Atletico Madrid, pada leg pertama Copa del Rey.

Selain itu rekor pertemuan Barca dengan Bilbao juga gemilang. Mereka mampu boyong enam kemenangan dari tujuh pertemuan terakhir di semua ajang. Sang bintang utama, Lionel Messi, juga punya catatan ciamik dengan torehkan 20 gol dan sembilan assist, dari 25 bentroknya kontra tim asal Basque tersebut.

Pique cs wajib mengantisipasi serangan balik lawan

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Barcelona Kontra Bilbao

Belum lagi rekor superburuk pelatih Bilbao, Ernesto Velverde, sepanjang 17 pertemuannya hadapi Barca di semua ajang. Secara mengenaskan, ia hanya sanggup menang dua kali dengan tak ada yang diraih di partai tandang.

Namun Bilbao bukanlah lawan yang pantas dianggap enteng. Los Leones bisa menjelma jadi kerikil tajam yang menyakitkan buat Barca. Sebagaimana dua kemenangan terakhir yang pupuskan asa Blaugrana juara Piala Super Spanyol 2015 dan nyaris singkirkan Neymar cs dari Copa del Rey musim ini.

Selain itu kelemahan Barca dalam mengantisipasi serangan balik lawan masih jadi penyakit. Gerard Pique cs menunjukkannya secara lebih jelas dalam kekalahan hadapi Betis lalu. Sektor itu wajib dibenahi oleh pelatih tim, Luis Enrique.

Sayangnya Bilbao urung tampil dengan komposisi terbaiknya. Badai cedera masih mendera, dengan Sabin Merino, Kepa, Eneko Boveda, dan Elustondo, yang terkapar di meja perawatan.

Bentrok akan berlangsung sulit buat Barca, karena Bilbao dipastikan akan fokus merapatkan lini pertahanannya. Namun dengan dukungan puluhan ribu publik Camp Nou, apapun bisa Los Cules lakukan.

Prakiraan Formasi:

Barcelona (4-3-3): Stegen; Roberto, Umtiti, Pique, Alba; Turan, Rakitic, Denis; Messi, Suarez, Neymar.

Athletic Bilbao (4-2-3-1): Iraizoz; Marco, Laporte, Boveda, Balenziaga; Etxebarria, Jose; Williams, Garcia, Muniain; Aduriz.

Prediksi Goal Indonesia: Barcelona 3-1 Athletic Bilbao.

TAHUKAH ANDA

  • Barca memenangkan enam dari tujuh pertemuan terakhirnya kontra Bilbao di semua ajang.

  • Di La Liga, Barca tengah dalam 12 kemenangan beruntun hadapi Bilbao di Camp Nou. Rentetan kemenangan beruntun terpanjang merka atas tim dari Basque tersebut.

  • Pelatih Bilbao, Ernesto Valverde, baru koleksi dua kemenangan dari 17 pertemuannya di La Liga hadapi Barca. Semuanya tak ada yang terjadi di partai tandang.

  • Bilbao dalam rentetan tanpa kemenangan dalam enam laga beruntun di La Liga. Satu kegagalan lagi, akan menyamai rekor terpanjang mereka pada 2010 silam.

  • Dari 25 laga hadapi Bilbao, bintang utama Barca, Lionel Messi, sudah torehkan 20 gol dan sembilan assist.