PREVIEW Coppa Italia: Juventus – Napoli

Grande partita hadir di J Stadium tatkala Juventus diharuskan menjamu rivalnya dalam beberapa musim terakhir, Napoli, di leg pertama semi-fina Coppa Italia.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR       Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Juventus akan menjalani grande partita dengan hadapi rivalnya dalam beberapa musim terakhir, Napoli, di J Stadium, pada leg pertama babak semi-final Coppa Italia, Rabu (1/3) dini hari WIB.

Juve yang merupakan kampiun Coppa Italia dalam tiga musim terakhir bertekad jadi klub pertama yang torehkan hat-trick juara. Karenanya tak ada alasan buat I Bianconeri untuk memandang sebelah mata turnamen dan partai ini. Hal itu ditegaskan pelatihnya, Massimiliano Allegri.

“Kami ingin meraih gelar ketiga beruntun di Coppa Italia. Kami benar-benar memandang serius turnamen ini dan Napoli adalah tantangan yang berat menuju final. Walau begitu rotasi pemain tetap akan saya lakukan, menimbang kebutuhan kami di Serie A Italia dan Liga Champions,” tutur Allegri, seperti dikutip Goal Italia.

Pemain-pemain seperti Neto, Kwadwo Asamoah, dan Marko Pjaca dikonfirmasi bakal turun. Namun perhatian akan tercurah pada bek kanan yang sedang bangkit dari keterpurukan di awal musim, Stephan Lichtsteiner.

Lichtsteiner yang diistirahatkan dalam duel melawan Empoli di Serie A akhir pekan lalu, besar kemungkinan mentas sejak menit perdana laga ini. Kecepatan, stamina, dan momentum kebangkitannya, akan sangat berguna membuat lini depan Napoli — yang kerap andalakan permainan melebar — frustrasi.

Kebangkitan Lichtsteiner akan sulitkan lini depan Napoli

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Juventus Kontra Napoli

Sayangnya Juve takkan diperkuat tiga pemain pelapis yang rencananya  tampil dalam starting XI di partai ini. Claudio Marchisio, Stefano Sturaro, Medhi Benatia mengalami cedera serta masalah perut dalam sesi latihan terakhir.

Sementara Napoli yang merupakan kampiun terakhir sebelum Juve kuasai Coppa Italia, bertekad bermain dengan penuh amarah, sekalipun ini baru leg pertama dan dihelat di J Stadium. Maklum, I Partenopei baru saja telan kekalahan kandang mengejutkan dari Atalanta di Serie A akhir pekan lalu.

Tekad tersebut didengungkan sendiri oleh pelatihnya, Maurizio Sarri. “Kami akan pergi ke J Stadium dengan penuh amarah, akibat kekalahan menyakitkan dari Atalanta. Kami ingin bermain bagus, meraih hasil positif, bahkan mungkin meraih kemenangan. Kami ingin jadi juara Coppa Italia musim ini,” serunya, seperti dikutip Goal Italia.

Atmosfer skuatnya cuku bagus, karena tak ada pilar yang cedera. Kondisi ujung tombak anyar, Arkadiusz Milik, juga semakin bagus dan siap mentas sejak awal laga. Rotasi diyakini akan sedikit dilakukan pada jantung pertahanan, dengan menurunkan Lorenzo Tonelli. Bek yang dipinjam dari Empoli ini selalu tampil bagus bahkan tajam, setiap kali diturunkan.

Bentrok bakal berlangsung ketat, panas, dan dengan tensi supertinggi. Apalagi masih ada dendam khusus dari Napoli menyoal transfer kontroversial Gonzalo Higuain. Walau begitu Juve tetap jadi unggulan, menilik rekor bagus mereka kontra sang rival dengan selalu menang di enam partemuan kandang terakhir.

Prakiraan Formasi:

Juventus (4-2-3-1): Neto; Lichtsteiner, Barzagli Rugani, Asamoah; Lemina, Pjanic; Pjaca, Higuain, Mandzukic.

Napoli (4-3-3):  Reina; Hysaj, Tonelli, Koulibaly, Ghoulam; Allan, Jorginho, Hamsik; Callejon, Mertens, Insigne.

Prediksi Goal Indonesia:  Juventus 2-0 Napoli

TAHUKAH ANDA

  • Juve tengah dalam rentetan delapan kemenangan beruntun di semua ajang. Rekor terbaik mereka musim ini dan itu terjadi setelah mengubah formasi menjadi 4-2-3-1.
  • Juve tak pernah kalah di kandang sejak 23 Agustus 2015 lalu, kala ditaklukkan Udinese 1-0.
  • Juve selalu menang dalam tujuh partai kandang terakhirnya menghadapi Napoli.
  • Napoli jadi tim yang paling sering mengalahkan Juve dalam lima musim terakhir. Mereka sukses menaklukkan sang rival sebanyak lima kali (termasuk adu penalti di Piala Super Italia 2015).
  • Ujung tombak Juve, Gonzalo Higuain, masih jadi pemain pertama dan satu-saatunya yang sanggup mencetak 38 gol untuk Napoli dalam semusim di Serie A.