PREVIEW Bundesliga Jerman: Borussia Dortmund – VfL Wolfsburg

Duel melawan VfL Wolfsburg jadi kesempatan Borussia Dortmund untuk bangkit dari keterpurukan.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Borussia Dortmund duel kontra VfL Wolfsburg sebagai momen kebangkitan, pada spieltag 21 Bundesliga Jerman, Sabtu (18/2) malam WIB.

Maklum saja, Dortmund kini tengah terpuruk lantaran telan dua kekalahan beruntun dalam sepekan terakhir. Kekalahan yang membuat mereka keluar dari empat besar klasemen sementara dan dalam situasi riskan lolos ke perempat-final Liga Champions.

Dilihat secara permainan, masalah utama Dortmund adalah efektivitas. Dalam dua laga terkini yang berujung kekalahan, Die Borussen memang sanggup menguasai bola lebih dari 60 persen dan lepaskan rerata 13 tembakan ke gawang lawan.

Namun gol yang mereka hasilkan hanya dua biji. Penyebab rendahnya efektivitas Dortmund sendiri tak lain karena majalnya sang ujung tombak yang masih jadi top skor sementara Bundesliga musim ini, Pierre-Emerick Aubameyang.

Aubameyang setidaknya sudah melewatkan sampai enam kans emas dari dua partai tersebut. Sang pemain beralasan konsentrasinya kerap buyar di momen genting, karena fisiknya terkuras dalam beberapa bulan terakhir.

Meski mengaku lelah, Aubameyang tetap jadi tumpuan utama

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Dortmund Kontra Wolfsburg

Ya, selain jadi tumpuan Dortmund, pemain lulusan akademi AC Milan ini memang tak beristirahat pada jeda musim dingin lalu. Ia terbang ke Gabon, untuk membela negaranya yang jadi tuan rumah Piala Afrika 2017.

Walau begitu pelatih Dortmund, Thomas Tuchel, menolak untuk mengistirahatkan Aubameyang di momen krusial timnya melawan Wolfsburg ini.

“Aubameyang takkan saya istirahatkan, tapi saya akan memanajemen waktunya bermain karena dia memang kelelahan. Kami akan tetap mengandalkannya melawan Wolfsburg, karena kami amat butuh kemenangan,” ujarnya, seperti dikutip Bild.

Wolfsburg sendiri memang jadi lawan empuk untuk kebangkitan Dortmund, karena mereka sedang sangat tepuruk. Walau di partai terakhir sanggup mengalahkan Hoffenheim, tim asuhan Valerien Ismael itu masih menderita di peringkat 14 klasemen sementara.

Karenanya jika sampai gagal rengkuh tiga poin dari Die Wolfe, Dortmund tampaknya harus bersiap mengucapkan selamat datang kembali pada krisis.

Borussia Dortmund (4-1-4-1): Burki; Piszczek, Sokratis, Bartra, Schmelzer; Weigl; Dembele, Castro Guerreiro, Reus; Aubameyang.

VfL Wolfsburg (3-5-1-1): Benaglio; Bruma, Gustavo, Rodriguez; Veirinha, Segurin, Bazoer, Arnold, Gerhardt; Malli; Gomez.

Prediksi Goal Indonesia: Dortmund 2-0 Wolfsburg

TAHUKAH ANDA

  • Dortmund tak terkalahkan dalam 30 laga kandang terakhirnya di Bundesliga.
  • Dortmund menciptakan setidaknya dua gol dalam 12 dari 15 bentrok terakhir melawan Wolfsburg.
  • Dortmund memiliki rerata 2,5 gol per partai, dalam enam pertemuan terakhir kontra Wolfsburg.
  • Dortmund memenangkan babak pertama dan kedua, dalam tiga bentrok terakhirnya hadapi Wolfsburg di semua ajang.
  • Tak sampai 2,5 gol per partai, dalam tiga laga kandang Bundesliga terakhir yang dimainkan di Signal-Iduna Park.