PREVIEW Bundesliga Jerman: Borussia Dortmund – RB Leipzig

Duel dua tim antagonis Bayern Munich ini siap tersaji di Signal-Iduna Park, siapakah pemenangnya?


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Satu bentrok seru segera tersaji di Signal-Iduna Park, tatkala tuan rumah Borussia Dortmund diharuskan menjamu RB Leipzig, pada spieltag 19 Bundesliga Jerman, Minggu (5/2) dini hari WIB.

Segalanya akan berbeda 180 derajat jika duel ini tersaji di awal musim, seperti yang mereka hadirkan di putaran pertama lalu. Khalayak sepakbola bakal memandangnya sebagai partai yang timpang, menilik status jomplang kedua tim.

Dortmund dikenal sebagai antagonis utama Bayern Munich, selama bertahun-tahun lamanya. Skuat mereka juga dipenuhi pemain bintang. Sementara Leipzig berstatus sebagai tim yang baru pertama kali promosi ke divisi teratas Bundesliga. Nama-nama pemain mereka pun terdengar asing.

Namun tanpa diduga pandangan itu langsung berubah signifikan, dimulai tepat usai pertemuan perdana tersebut. Lepizig secara mengejutkan menang 1-0 dan secara tak terduga jadi pesaing serius gelar lantaran setia memepet Bayern di puncak klasemen.

Dortmund sendiri bukannya langsung tersisih dari status abadinya sebagai antagonis FC Hollywood. Mereka tetap kompetitif di peringkat empat klasemen sementara, meski terbentang 11 poin jauhnya dari Leipzig yang ada di posisi kedua.

Tuchel ingin lakukan pembalasan dendam

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Dortmund Kontra Freiburg

Karenanya untuk menjaga kans juara atau minimal lolos otomatis ke fase grup Liga Champions musim depan, wajar bila kemudian pelatih Die Borussen, Thomas Tuchel, ingin anak asuhnya bisa lakukan pembalasan dendam demi terus mendulang poin. 

”Kami bermain tidak sesuai ekspektasi dan kami hanya mendapatkan sedikit poin dari yang seharusnya kami miliki. Kami berada di posisi untuk mendapatkan poin-poin itu kembali meskipun melawan Leipzig akan menjadi pertandingan yang panjang dan sulit,” ujarnya, seperti dikutip Reuters.

Untungnya, segala situasi mendukung Dortmund. Selain hanya menelan sekali kekalahan dalam 17 spieltag terakhir Bundesliga, mereka juga punya rekor ciamik jika bermain di kandang. Marco Reus cs tak pernah kalah di 29 partai kandang terakhir Bundesliga, lewat 23 kemenangan dan 6 hasl imbang.

Leipzig sendiri tak kalah bagusnya. Setelah sempat telan kekalahan telak 3-0 dari Bayern di penutupan 2016, Si Banteng masih nyaman dengan status runner-up lantaran berhasil petik kemenangan di dua spieltag terakhir. Jarak mereka dengan Bayern pun tetap terjaga, lewat selisih tiga poin.

Sayangnya Leipzig urung menurunkan starting XI terbaiknya di partai krusial ini. Bintang utama mereka, Emil Frosberg, yang jadi raja assist sementara di Bundesliga, harus absen lantaran skorsing. Selain itu Lukas Kolstermann juga cedera.

Sulit memprediksi siapa yang layak meraih kemenangan di partai besar ini. Duel tampak bakal berakhir sama kuat, tapi Dortmund dengan suporter fanatiknya di kandang harus diakui punya keuntungan lebih.

Borussia Dortmund (4-1-4-1): Burki; Piszczek, Sokratis, Ginter, Schmelzer; Weigl; Pulisic, Gotze, Guerreiro, Rues; Aubameyang,

RB Leipzig (4-4-2): Gulacsi; Berardo, Orban, Compper, Halstenberg; Keita, Demme, Ilsanker, Sabitzer; Selke, Poulsen. 

Prediksi Goal Indonesia: Dortmund 2-2 Leipzig

TAHUKAH ANDA

  • Dortmund dan Leipzig baru bertemu sekali sepanjang sejarah, di putaran pertama Bundesliga lalu. Leipzig jadi pemenangnya lewat skor tipis 1-0.
  • Meski Dortmund (4) dan Leipzig (2) hanya terpisah dua peringkat, tapi jarak poin mereka terbentang hingga 11 poin.
  • Leipzig menyamai catatan Kaiserslautern, sebagai tim promosi dengan perolehan dan gol terbaik setelah 18 spieltag. Catatannya 42 poin dan keunggulan 18 gol.
  • Dortmund hanya kalah sekali dari 17 partai terakhid di semua kompetisi. Meski begitu mereka hanya menang sekali dari enam laga terakhir, dengan lima berakhir imbang.
  • Dortmund sedang dalam rentetan 29 partai tandang tak terkalahkan di Bundesliga (23 menang, 6 imbang).