Piala Presiden 2017 Jadi Ujian Untuk Wasit

Ada 58 wasit yang akan bertugas di Piala Presiden, lima di antaranya berlisensi FIFA.


OLEH   MUHAMAD RAIS ADNAN


PSSI menggelar pertemuan dengan para wasit yang akan memimpin turnamen Piala Presiden 2017 di Makostrad, Jakarta, Kamis (2/2) siang. Dalam pertemuan itu, dilakukan juga pembacaan dan penandatanganan janji wasit yang disaksikan langsung oleh ketua umum PSSI Edy Rahmayadi.

Sebelum penandatanganan itu juga Edy memberikan pengarahan kepada para wasit tersebut agar bisa berlaku fair-play dalam memimpin sebuah pertandingan. Bahkan, jenderal bintang tiga itu pun tak segan untuk mencoret wasit yang dianggap tak bagus dalam memimpin laga.

Menpora Pastikan Hadir Di Pembukaan Piala Presiden 2017

“Ini merupakan ujian bagi para wasit. Kami mau lihat, kalau memang dia pantas jadi wasit kami lanjutkan. Kalau dia kurang mampu karena pengetahuannya, akan kami sekolahkan. Tapi kalau dia bermasalah ataupun karena mentalnya tidak baik, langsung kami coret,” kata Edy, kepada wartawan.

Lebih lanjut, ketua panpel Piala Presiden Iwan Budianto memaparkan ada 58 perangkat pertandingan yang akan bertugas di Piala Presiden nanti. Rinciannya, 20 wasit utama, 20 asisten wasit, 10 pengawas pertandingan, empat pengawas wasit, dan empat dari tim pengawasan yang ditunjuk oleh Komite Etik.

Sekjen PSSI: Indonesia Mulai Bermimpi Lagi

“Lima di antaranya wasit yang sudah bersertifikasi FIFA. Untuk mekanisme penugasannya, salah satunya adalah tak ada wasit yang satu Asprov dari klub yang akan bertanding. Kami pun ingin para wasit itu bisa fokus, lebih netral, dan lebih baik. Karena ini menjadi ujian terakhir bagi mereka. Tentunya, kami juga menyiapkan apresiasi bagi wasit yang berprestasi,” jelas Iwan.

Seperti diketahui, Piala Presiden bakal mulai digelar, 4 Februari nanti. Pada laga pembuka bakal mempertemukan antara PSS Sleman kontra Persipura Jayapura di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Laga pembuka itu juga akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.