Persipura Jayapura Berharap Kompetisi Diliburkan Saat SEA Games

Harapan itu disampaikan supaya klub tidak mengalami krisis pemain, karena harus memperkuat timnas.


LIPUTAN   PAUL KARMA     DARI   JAYAPURA   


Ketua umum Persipura Jayapura Benhur Tomi Mano berharap Liga 1 2017 diliburkan saat timnas Indonesia U-22 ambil bagian di SEA Games Kuala Lumpur pada Agustus ini.

PSSI mewacanakan regulasi baru terkait pemain muda di Liga 1. Benhur mengkhawatirkan Persipura mengalami krisis pemain bila penggawa mereka dipanggil memperkuat timnas di SEA Games. Menurutnya, Persipura tidak keberatan melepas pemain untuk kepentingan tim nasional.

SIMAK JUGA: Alfredo Vera Akui Ketangguhan PSS

“PSSI sekarang telah membidik pemain muda kami. Osvaldo Haay, Maryanti Wanewar dan Friska Womsiwor merupakan pemain muda yang sudah dilirik PSSI untuk memperkuat timnas. Mereka akan menjalani pemusatan latihan di Spanyol sampai pertandingan di SEA Games nanti,” ujar Benhur.

“Saya minta kepada PSSI, kalau ada kompetisi [SEA Games], atau kegiatan nasional, semua tim harus diliburkan supaya tidak merugikan. Setelah kompetisi itu [SEA Games] berakhir, baru bisa dilanjutkan dengan kompetisi tersebut [Liga 1].”

SIMAK JUGA: PSS Imbangi Persipura

Benhur menambahkan, Persipura kini berusaha mencari bibit baru untuk dipromosikan ke skuat senior. Pencarian ini dilakukan melalui kompetisi internal Persipura.

“Kompetisi Persipura Divisi Utama, I dan II akan kami gulirkan, supaya klub-klub yang bernaung di bawah Persipura ini bisa berlatih terus. Dari situ akan kami lihat bibit-bibit yang akan kami sumbangkan kepada Persipura,” ucap Tomi Mano.

SIMAK JUGA: Timnas Indonesia Akan TC Di Spanyol Selama Sebulan

“Dari kompetisi itu, kalau mereka menunjukan permainan yang bagus kami akan ambil untuk bergabung ke U-21 dan 23, dan akan dibina pelatih yang kualitasnya bagus.”

“Kami juga tidak bisa asal-asalan memilih pelatih untuk melatih tim usia di bawah 23, karena pemain yang berlatih bersama U-23 langsung naik bergabung dengan Persipura senior, sehingga stok pemain kita tetap ada.” (gk-58)