Persib Bandung Lolos, PSM Makassar Runner-Up

Kekalahan dari Persib membuat Persela tersingkir dari Piala Presiden, karena posisi runner-up ditempati PSM.


OLEH   DONNY AFRONI


Persib Bandung menyempurnakan kiprah mereka di Grup 3 Piala Presiden 2017 dengan kemenangan 2-0 atas Persela Lamongan di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat (17/2), sekaligus memastikan tiket ke perempat-final.

Hasil ini membuat Persib mengumpulkan nilai sembilan, dan memuncaki klasemen. Kekalahan justru membuat Persela tergusur, dan status runner-up diambil PSM Makassar yang sebelumnya mengalahkan Persiba Balikpapan 3-1.

Ketiga tim mengumpulkan nilai sama, dan saling mengalahkan di laga sebelumnya, sehingga penentuan peringkat menggunakan sistem head-to-head. Dari sistem itu, PSM memiliki produktivitas lebih baik. Namun, nilai PSM tidak akan bisa menyamai antara Madura United FC dan PSCS Cilacap yang saat ini mengumpulkan poin tiga, dan saling berhadapan di laga terakhir Grup 5.

Babak pertama

Persib yang berambisi menyempurnakan hasil di depan pendukungnya menerapkan permainan agresif untuk menekan lini belakang Persela. Namun pertahanan solid yang diperlihatkan Laskar Joko Tingkir membuat Persib menemui jalan buntu.

Pergerakan Febri Hariyadi dari sisi sayap Persib membuat pertahanan Persela harus bekerja keras menghalau bola agar tidak mendekati kotak penalti. Peluang diperoleh Sergo van Dijk pada menit ke-11, tapi bola sundulannya masih melambung.

SIMAK JUGA: PSM Bungkam Persiba

Kendati mendapat tekanan, Persela juga beberapa kali merepotkan barisan belakang Persib melalui pergerakan penyerang muda Saddil Ramdani. Di lain sisi, Persib mendapatkan peluang lewat Febri di menit ke-25, tapi sepakannya masih melenceng.

Persela memberikan respons terhadap serangan Persib. Kali ini giliran Samsul Arif yang menebar ancaman selang empat menit kemudian. Namun tendangannya masih melambung.

Shohei Matsunaga sempat menjebol gawang Choirul Huda lima menit menjelang babak pertama berakhir. Tapi wasit menganulir gol tersebut, karena Van Dijk berada dalam posisi off-side, sehingga babak pertama ditutup dengan skor imbang tanpa gol.

Babak kedua

Persib tidak mengurangi tekanannya ke pertahanan Persela demi memecahkan kebuntuan sepanjang babak pertama. Di lain sisi, Persela tetap memeragakan permainan bertahan.

Setelah berkali-kali menemui jalan buntu, Persib nyaris membuka keunggulan di menit ke-65. Sayangnya, Vladimir Vujovic tidak menyangka bola hasil sepak pojok yang sempat ditepis Huda menuju ke arah dirinya. Bola hanya menyamping tipis di sisi kanan gawang setelah membentur badan Vujovic.

SIMAK JUGA: Persib Waspadai Striker Muda Persela

Selang tiga menit kemudian, Stadion Si Jalak Harupat bergemuruh setelah tendangan pemain pengganti Kim Jeffrey Kurniawan menjebol gawang Persela memanfaatkan bola liar di kotak penalti.

Persela mulai bermain terbuka untuk menyamakan kedudukan. Tapi serangan mereka dengan mudah dipatahkan Persib. Sebaliknya, Persib nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-85, tapi tendangan Dedi Kusnandar bisa ditepis Huda.

Persib akhirnya menyegel kemenangan dengan skor 2-0 empat menit sebelum laga berakhir. Febri yang menusuk dari sisi kiri serangan Persib memberikan umpan matang kepada Van Dijk untuk menceploskan bola ke dalam gawang.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persib: I Made Wirawan; Wildansyah, Henhen Herdiana, Tony Sucipto, Vladimir Vujovic, Hariono, Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi, Gian Zola, Shohei Matsunaga, Sergio van Dijk.

Persela: Choirul Huda; Aang Suparman, M Agung Pribadi, Samsul Arifin, Eky Taufik, Marcio Nascmento Rozario, Eka Ramdani, Fahmi Al Ayyubi, A Nur Hardianto, Samsul Arif, Saddil Ramdani.