Perjalanan Napoli Ke Babak 16 Besar Liga Champions

Jelang pertemuan Napoli dengan Real Madrid di 16 besar Liga Champions, mari kita tengok kembali perjalanan I Partenopei di kancah termasyhur Eropa sejauh ini.


OLEH   DEDE SUGITA     Ikuti di twitter


Liga Champions UEFA telah mulai menginjak babak krusial, fase gugur. Tiada ruang untuk kesalahan, tak boleh ada lagi keteledoran. Menjelang bergulirnya putaran 16 besar, mari kita menengok kembali perjalanan Napoli melewati fase grup dan mengulas kans mereka untuk mencapai perempat-final.

PERJALANAN SEJAUH INI

Napoli Champions League

Sempat berada dalam posisi genting, Napoli berhasil memastikan kelolosan menuju babak 16 besar pada Matchday 6 berkat kemenangan impresif atas Benfica di Lisbon. Keunggulan 2-1 di Estadio da Luz meloloskan mereka sebagai juara grup, tetapi ini tidak menghasilkan undian menggembirakan karena Napoli harus menghadapi jawara bertahan Real Madrid.

MOMEN TERBAIK

Marek Hamsik Napoli Benfica

Malam terindah dalam perjalanan Napoli sejauh ini hadir saat mereka menggelontorkan tujuh gol hanya dalam tempo tujuh menit untuk meraup kemenangan spektakuler 4-2 melawan Benfica. Memimpin satu gol pada half-time, keran gol Napoli mengucur deras di awal babak kedua, dimulai pada menit ke-51 dengan Dries Mertens mengemas dwigol yang mengapit satu konversi penalti Arkadiusz Milik untuk membawa tuan rumah memegang keunggulan empat gol sebelum Benfica mengurangi defisit.

TANTANGAN TERBESAR

Napoli celebrating vs Benfica

Dukungan fanatik publik tuan rumah menjadikan San Paolo salah satu arena paling angker untuk kubu tamu di kompetisi UEFA, namun pelatih Maurizio Sarri menyadari timnya harus memperbaiki performa tandang bila ingin menikmati kampanye UCL yang produktif. Sepasang kemenangan di Lisbon dan Kiev menunjukkan Napoli telah banyak meningkat.

PEMAIN BINTANG

Dries Mertens Benfica Napoli Champions League

Cedera lutut serius yang menimpa Milik dalam tugas internasional dengan Polandia pada Oktober tampak mengancam keseluruhan kampanye Napoli musim ini, namun itu justru membuka pintu untuk kemunculan pahlawan baru di Naples. Mertens yang sejatinya seorang winger digeser ke posisi sentral untuk mengkover tempat Milik dan ia seakan tak bisa berhenti mencetak gol, bertransformasi dari talenta yang nyaris terpinggirkan menjadi salah satu penampil paling on form di sepakbola dunia saat ini. Mertens tampil sebagai topskor klub di UCL musim ini dengan empat gol, dan Naples memiliki raja baru.

KANS KELOLOSAN

Maurizio Sarri Napoli

Jarang sekali keberhasilan memuncaki grup malah memasangkan Anda dengan juara bertahan, terlebih lagi juara bertahan tersebut Real Madrid, namun itulah yang persis dialami Napoli. Pasukan Sarri mempunyai tantangan sulit untuk mencapai perempat-final, meskipun Real Madrid tanpa diperkuat Gareth Bale yang terlilit cedera. Penampilan bagus di ibu kota Spanyol akan vital untuk kans Napoli. Bila memetik hasil positif di sana, Napoli bisa mengandalkan keangkeran San Paolo untuk mengeliminasi sang kampiun bertahan.

Lihat lebih banyak lagi konten Liga Champions UEFA Nissan di Goal.com