Perjalanan Arsenal Ke Babak 16 Besar Liga Champions

Jelang pertemuan Arsenal dengan Bayern Munich di 16 besar Liga Champions, mari kita tengok kembali perjalanan The Gunners di kancah termasyhur Eropa sejauh ini.


OLEH   DEDE SUGITA     Ikuti di twitter


Liga Champions UEFA telah mulai menginjak babak krusial, fase gugur. Tiada ruang untuk kesalahan, tak boleh ada lagi keteledoran. Menjelang bergulirnya putaran 16 besar, mari kita menengok kembali perjalanan Arsenal melewati fase grup dan mengulas kans mereka untuk mencapai perempat-final.

PERJALANAN SEJAUH INI

Hector Bellerin Angel Di Maria PSG Arsenal Champions League 13092016

Arsenal mengamankan tempat di babak 16 besar sebagai pemuncak grup setelah Paris Saint-Germain terpeleset di kandang menghadapi Ludogorets. The Gunners dua kali bermain imbang melawan sang jawara Prancis, yang bertengger di urutan teratas Grup A memasuki Matchday 6. Tetapi, hasil seri 2-2 PSG di Parc des Princes membuka kesempatan bagi laskar Arsene Wenger, yang membukukan kemenangan komprehensif 4-1 atas tuan rumah Basel untuk menyegel posisi pertama.

MOMEN TERBAIK

Arsenal Champions League

15 menit di Bulgaria bikin Arsenal syok, saat Ludogorets memetik keunggulan dua gol dengan cepat. The Gunners belum pernah bangkit dari ketertinggalan dua gol untuk meraih kemenangan dalam laga Liga Champions sejak 2009, jadi tatkala Granit Xhaka dan Olivier Giroud menyamakan skor sebelum turun minum, tak ada ekspektasi besar untuk merengkuh lebih dari satu poin. Namun, ketika waktu hanya tersisa tiga menit, Mesut Ozil menampilkan dribel istimewa yang berujung pada salah satu gol solo terindah sepanjang sejarah UCL.

TANTANGAN TERBESAR

Olivier Giroud : Arsenal - PSG

Ujian terberat yang harus dihadapi tim pimpinan Wenger di babak grup datang saat berhadapan dengan PSG. Belanja besar-besaran PSG telah membawa mereka mencapai perempat-final UCL empat kali berturut-turut. Dalam dua pertemuan Arsenal selalu tertinggal terlebih dahulu, namun The North Londoners mampu bangkit untuk menyegel hasil imbang. Ini membuktikan staying power yang dipunyai Arsenal dan pada akhirnya dua poin melawan PSG berandil krusial untuk memastikan tempat pertama di grup.

PEMAIN BINTANG

Alexis Sanchez Arsenal Champions League

Striker internasional Cile Alexis Sanchez terlibat langsung dalam penciptaan lima gol dalam enam pertandingan tim di fase grup (2 gol, 3 assist) dan merupakan salah satu pemain paling kreatif si seantero Eropa musim ini, konsisten menyuplai kans untuk rekan-rekannya juga mencetak gol sendiri. Performanya akan menjadi kunci untuk aspirasi Arsenal  di babak gugur UCL.

KANS KELOLOSAN

Arsene Wenger FC Arsenal FC Barcelona Champions League 02232016

Keberhasilan Arsenal memuncaki grup untuk pertama kalinya semenjak 2012 menghidupkan harapan untuk mengakhiri rekor buruk selalu tereliminasi di putaran 16 besar dalam enam musim terakhir. Namun, hasil undian malah mempertemukan mereka dengan Bayern Munich. Arsenal tersungkur di babak ini oleh sang raksasa Jerman pada 2012/13 dan 2013/14, jadi mereka mesti mampu memupus tren negatif kontra The Bavarians demi melangkah ke delapan besar.

Lihat lebih banyak lagi konten Liga Champions UEFA Nissan di Goal.com