Pelatih: Pusamania Borneo FC Manfaatkan Keluarnya Bio Paulin

Ricky kini berkonsentrasi membenahi penyelesaian akhir agar lebih tajam di delapan besar.


OLEH   DONNY AFRONI


Pelatih Pusamania Borneo FC Ricky Nelson mengungkapkan kunci keberhasilan tim besutannya memetik kemenangan tipis 1-0 atas Sriwijaya FC di Stadion Dipta Gianyar, Sabtu (18/2) malam WIB, pada laga pamungkas Grup 4 Piala Presiden 2017.

Kemenangan tipis tersebut sudah cukup membuat Pusamania yang sebelumnya hanya mendapatkan dua angka langsung merebut tiket perempat-final turnamen pramusim ini dengan status juara grup.

SIMAK JUGA: Sriwijaya FC Dikalahkan Kesalahan Mendasar

Ricky mengungkapkan, ia memanfaatkan kelemahan di barisan belakang Sriwijaya FC, terutama setelah Bio Paulin ditarik keluar di babak kedua akibat mendapatkan cedera. Sriwijaya FC lalu memasukkan Ahmad Maulana Putra untuk mengisi posisi bek naturalisasi itu.

“Sudah sesuai prediksi. Lawan SFC bukan hal mudah. Karena itu, kami mematikan pergerakan pemain nomor 6 [Yu Hyun Koo] dan mengambil alih permainan. Kualitas menyerang SFC memang unggul,” beber Ricky dikutip akun Facebook resmi turnamen.

SIMAK JUGA: Dikalahkan PBFC, Sriwijaya FC Tetap Lolos

“Namun, kami press di atas, karena kami tahu dua stopper mereka tidak bisa build up Momennya setelah Bio Paulin ditarik keluar, dan penggantinya lemah dalam duel.”

Kendati demikian, Ricky mengakui masih banyak kelemahan yang harus diperbaiki sebelum menghadapi perempat-final, terutama dalam penyelesaian akhir. Dari tiga laga, Pusamania hanya melesakkan satu gol.

“Yang harus kami perbaiki adalah penguasaan bola dan menyerang. Semoga waktu sepekan kami mampu maksimalkan untuk bersiap,” kata Ricky.

SIMAK JUGA: Gelandang PBFC Tak Mau Dimarahi Pelatih

Sementara itu, pahlawan kemenangan Pusamania, Fandi Ahmad, mengatakan, keberhasilan mereka mengalahkan Sriwijaya FC berkat kerja keras seluruh pemain.

“Terima kasih atas doa dan dukungan. Kemenangan ini adalah kemenangan warga Samarinda. Kemenangan ini jadi bukti, siapa yang mau kerja dia yang akan menang,” ujar Fandi.