Panpel Revisi Urutan Waktu Kick-Off Babak Delapan Besar Piala Presiden

Revisi itu dilakukan setelah panpel berkoordinasi dengan pemegang hak siar Piala Presiden 2017.


OLEH   MUHAMAD RAIS ADNAN


Panitia pelaksana (panpel) Piala Presiden 2017 akhirnya memutuskan untuk merevisi urutan waktu kick-off babak delapan besar. Itu setelah, mereka berkoordinasi dengan pemilik hak siar Piala Presiden 2017.

Sebelumnya, telah dilaksanakan undian babak delapan besar di Hotel Park Lane, Jakarta, Selasa (21/2). Pada kesempatan itu, panpel juga telah menetapkan waktu kick-off empat pertandingan yang akan digelar di Stadion Manahan, Solo, 25-26 Februari, itu.

Dari hasil undian tersebut, Pusamania Borneo FC (PBFC) kontra Madura United digelar pada pukul 18.00 WIB, serta Persib Bandung melawan Mitra Kukar dilaksanakan pada pukul 21.00 WIB, Sabtu (25/2). Tapi setelah direvisi, laga Persib melawan Mitra Kukar bakal lebih dulu digelar pada pukul 18.00 WIB, sedangkan PBFC versus Madura United diselenggarakan pada pukul 21.00 WIB.

Hal yang sama terjadi dalam duel Semen Padang melawan Bhayangkara FC yang sebelumnya dilaksanakan pada pukul 18.00 WIB, diubah menjadi pukul 21.00 WIB, Minggu (26/2). Sedangkan pertandingan antara Arema FC kontra Sriwijaya FC yang semula dijadwalkan pada pukul 21.00 WIB dipercepat menjadi pukul 18.00 WIB, di hari yang sama.

SIMAK JUGA: Jelang Babak Delapan Besar, Ketua SC Ingatkan Lima Visi Piala Presiden

Revisi itu dilakukan melihat animo publik dan aspek komersial terkait komitmen dan usaha untuk memenuhi harapan para sponsor. Di sisi lain, panpel juga melihat dari segi aspek keamanan. Mengingat, dua dari delapan tim yang berlaga memiliki basis suporter terbanyak, yakni Persib dan Arema.

SIMAK JUGA: Panpel Siapkan Rp100 Juta Untuk Suporter Terbaik Piala Presiden

“Kami memahami situasi klub pascarevisi itu. Karenanya, Jumat (24/2) pukul 10.00 WIB, kami akan menggelar emergency meeting (rapat darurat) bersama manajer tim peserta babak delapan besar di Solo, lokasi penyelenggaran babak delapan besar Piala Presiden 2017,” kata Iwan Budianto, ketua panpel Piala Presiden 2017.

“Hajat ini adalah langkah awal PSSI di bawah kepemimpinan Edy Rahmayadi. Kami berusaha menjawab harapan publik sepakbola Tanah Air. Tak ada toleransi, kami ingin penyelenggaraan Piala Presiden 2017 sukses di segala bidang. Terlebih, event ini adalah event Presiden RI,” tambahnya.

Sementara itu, perubahan tersebut direspons positif oleh klub-klub peserta. “Ini yang kami tunggu. Terkait persiapan teknis, tidak ada masalah. Kami siap main jam berapa pun. Kami dalam kondisi prima, baik soal mental maupun hal lainnya,” ucap Haruna Soemitro, manajer Madura United.

Berikut revisi jadwal babak delapan besar Piala Presiden 2017:

Sabtu, 25 Februari 2017
Pukul 18.00 WIB: Persib Bandung vs Mitra Kukar
Pukul 21.00 WIB: Pusamania Borneo FC vs Madura United

Minggu, 26 Februari 2017
Pukul 18.00 WIB: Arema FC  vs Sriwijaya FC
Pukul 21.00 WIB: Semen Padang vs Bhayangkara FC 

Keterangan: Semua laga disiarkan langsung Indosiar