Panpel Piala Presiden Istirahatkan Tiga Wasit

Namun begitu, Iwan enggan membeberkan siapa saja wasit yang sudah diistirahatkan tersebut.


OLEH   MUHAMAD RAIS ADNAN


Panitia pelaksana (Panpel) Piala Presiden 2017 mengakui telah melakukan evaluasi terhadap kinerja wasit yang memimpin pertandingan di fase grup. Seperti diketahui, pada fase grup ada beberapa klub yang mengkritik kepemimpinan wasit di beberapa pertandingan.

“Kami sudah istirahatkan dua wasit tengah dan satu asisten wasit. Tapi di pertandingan apa dan namanya siapa, tidak bisa kami publikasikan. Karena itu terkait dengan permintaan dari sport integrity,” kata Iwan Budianto, ketua panpel Piala Presiden 2017 dalam jumpa pers babak delapan besar di Hotel Park Lane, Jakarta, Selasa (21/2) petang.

Lebih lanjut, Iwan pun menjelaskan pihaknya tak mengetahui soal tindak lanjut yang akan diberikan kepada para wasit itu. Karena menurutnya, itu menjadi wewenang dari PSSI selaku federasi.

SIMAK JUGA: Hasil Undian Perempat-Final Piala Presiden

“Kami hanya berwenang mengembalikannya lagi ke PSSI. Nantinya, PSSI yang berwenang memberikan hukuman,” jelasnya.

SIMAK JUGA: Persib Benahi Kekurangan Jelang Babak Delapan Besar Piala Presiden

Sementara itu, mayoritas klub babak delapan besar mengaku cukup puas dengan kinerja wasit di fase grup. Hanya saja memang, masih ada beberapa perbaikan yang perlu dilakukan.

“Memang ada sedikit koreksi tapi mudah-mudahan enggak terlalu parah. Salah satunya, terkait keputusan off-side untuk Hilton Moreira ketika laga melawan Bali United. Tapi kami sudah lupakan yang di fase grup, kami kira wasit di Piala Presiden jauh lebih baik dari sebelumnya,” kata Achmad Haris, sekretaris tim Sriwijaya FC.

“Untuk di grup C wasit yang memimpin kami menilainya semua berkualitas. Para pelatih tim yang bertanding seusai laga pun memberikan pujian karena mereka salut dengan wasit yang memimpin pertandingan,” timpal Irfan Suryadireja, media officer Persib Bandung.