Michael Ballack Berbeda Pendapat Dengan Luis Figo Terkait Mario Gotze

Dua pemain legendaris tersebut memiliki pendapat yang berbeda terkait kualitas gelandang Dortmund Mario Gotze.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI     Ikuti di twitter


Menurut mantan kapten timnas Jerman Michael Ballack  Mario Gotze telah gagal menunjukkan potensi terbaiknya, sementara mantan kapten timnas Portugal Luis Figo merasa gelandang Borussia Dortmund itu adalah salah satu pemain terbaik di Jerman.

Gotze tumbuh sebagai pemain muda potensial dari akademi Dortmund, dan setelah menembus tim utama ia mampu mempersembahakan dua gelar juara Bundesliga Jerman secara beruntun pada 2011 dan 2012. Namun setelah itu secara mengejutkan sang gelandang memutuskan untuk hengkang dan bergabung degnan klub rival Bayern Munich pada 2013.

Gotze kemudian tampil sebagai pahlawan usai gol tunggalnya di final Piala Dunia 2014 kontra Argentina membuat timnas Jerman keluar sebagai juara dunia untuk keempat kalinya. Akan tetapi Gotze kemudian gagal mendapatkan banyak menit bermain di Bayern yang kala itu dilatih Pep Guardiola dan kariernya pun tidak berkembang.

Mario Gotze Germany World Cup 2014

SIMAK JUGA: Thomas Tuchel Yakin Mario Gotze Sukses Lagi

Di awal musim ini Gotze kembali ke Dortmund, tapi sang gelandang serang belum bisa kembali menunjukkan performa terbaiknya. Sepanjang musim ini ia hanya sembilan kali tampil sebagai starter dan baru mencetak satu gol di ajang Bundesliga.

Pemain berusia 24 tahun itu juga absen saat Dortmund takluk 1-0 dari Benfica di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (15/2) dini hari WIB, karena mengalami cedera otot. 

Hal tersebut kemudian membuat Ballack mempertanyakan apakah selama ini Gotze telah berjuang untuk kembali menunjukkan performa terbaiknya.

Michael Ballack Bayern München Mainz 05 23052015

“Ketika saya melihat Mario Gotze, nampaknya perkembangannya tidak berjalan ke arah yang tepat,” ujar Ballack kepada Sport Bild.

SIMAK JUGA: Melempem Di Musim Ini, Mario Gotze Mawas Diri

“Dia memiliki kualitas luar biasa tapi dia tidak pernah mencapai potensi terbaiknya karena alasan tertentu.”

“Kharismanya tidak terlalu bagus, para pemain, pelatih, fans, dan media tidak merasa ia sedang berjuang untuk mengatasi situasi yang sedang ia hadapi. Dia adalah tipe pemain yang introvert.”

Akan tetapi, berbeda dengan Ballack, legenda Portugal dan Real Madrid Figo dalam wawancara dengan Bild mengatakan Gotze adalah talenta terbaik Jerman saat ini.

Luis Figo 02192015

“Gotze adalah pesepakbola terbaik di Jerman. Dia memiliki talenta yang luar biasa, dia bisa melakukan segalanya dengan bola,” ujar Figo.

“Saya melihatnya sebagai pemain dengan kemampuan luar biasa, saya sangat menyukainya.”