Mehmet Scholl: Philipp Lahm Setara Franz Beckenbauer & Gerd Muller

Scholl menyebut Lahm – yang akan pensiun Juni mendatang – layak disejajarkan dengan para legenda timnas Jerman.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI     Ikuti di twitter


Mantan pemain Bayern Munich Mehmet Scholl merasa Philipp Lahm layak disejajarkan dengan para pemain terbaik Jerman sepanjang masa seperti Franz Beckenbauer, Gerd Muller, dan Lothar Matthaus.

Lahm telah mengumumkan pada Selasa (7/2) bahwa ia akan pensiun dari dunia sepakbola profesional di akhir musim 2016/17. Kapten Bayern itu menegaskan ingin berhenti di saat masih bisa bermain di level tinggi.

Pemain berusia 33 tahun telah mencatatkan 500 penampilan di semua kompetisi bersama Bayern sepanjang kariernya, serta menjuarai banyak trofi. Scholl pun memuji pencapaian hebat Lahm di dunia sepakbola.

SIMAK JUGA: Ini Alasan Philipp Lahm Putuskan Pensiun

“Ini adalah kabar yang sangat menyedihkan bagi saya sebagai penggemar sepakbola,” ujar Scholl kepada ARD.

Mehmet Scholl Bayern München

“Philipp telah menjadi pemain hebat dalam 70 persen kariernya dan dia menjadi pemain kelas dunia di 30 persen sisanya.”

“Dia berada sejajar dengan Franz Beckenbauer, Gerd Muller, dan Lothar Matthaus. Dia adalah pemain terhebat Jerman sepanjang masa.”

Philipp Lahm Germany World Cup

“Saya bisa memahami keputusannya dari sudut pandang manusiawi. Dia juga telah membuat keputusan tepat untuk pensiun di level timnas setelah Piala Dunia 2014. Dia yang paling tahu kondisi fisiknya dibanding orang lain.”

Dalam kariernya Lahm telah menjuarai Bundesliga Jerman sebanyak tujuh kali dan satu gelar juara Liga Champions bersama Bayern. Bersama timnas Jerman ia merupakan kapten tim saat berhasil menjuarai Piala Dunia 2014.