Laporan Pertandingan: SC Freiburg 0-3 Borussia Dortmund

Kebangkitan Pierre-Emerick Aubameyang sukses memenangkan Borussia Dortmund lewat skor telak 3-0, di markas SC Freiburg.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Bermain di markas SC Frebirug, secara meyakinkan Borussia Dortmund berhasil memetik kemeangan telak 3-0, pada spieltag 22 Bundesliga Jerman, Sabtu (25/2) malam WIB.

Kebangkitan Pierre-Emerick Aubameyang jadi alasan utama kemenangan besar tersebut. Setelah absen mencetak gol di tiga partai terakhir, dirinya kini berhasil cepolskan dua gol, untuk melengkapi satu gol Sokratis Papastathpoulos.

SIMAK JUGA: PREVIEW Freiburg – Dortmund

Babak Pertama

Sejak menit perdana, pertandingan berjalan dengan tempo yang tinggi. Permainan ofensif kedua tim membuat laga begitu nikmat ditonton, karena cepatnya terjadi transaksi jual-beli serangan. Namun Dortmund mampu meraih keunggulan lebih dahulu.

Memaksimalkan situasi bola mati, Raphael Guerreiro yang jadi eksekutor mengirim umpan superakurat untuk ditanduk secara sempurna oleh Sokratis Papastathpoulos di menit ke-13. Skor 1-0 untuk Dortmund.

Tertinggal satu gol, Freiburg makin menggebu mengejar ketertinggalan. Namun situasi tersebut justru membuat lini pertahanan tuan rumah jadi makin terbuka. Dortmund pun mengambil keuntungan dari itu.

Beberapa kans emas lahir melalui kaki Reus, Ousmane Dembele, dan Aubameyang. Sayang tak ada yang berbuah gol, skor 1-0 untuk Die Borussen pun bertahan hingga turun minum.

SIMAK JUGA: Kohler Berharap Gotze Bangkit

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Freiburg coba bermain lebih tenang dengan mendikte permainan dalam upayanya mengejar ketertinggalan. Satu kan emas pun datang dari tembakan Onur Bulut di menit 49, yang masih mampu diamankan kiper Dortmund, Roman Burki.

Keasyikan menyerang, lagi-lagi pertahanan Freiburg terbuka dan Dortmund memaksimalkan situasi itu. Bomber mereka yang majal di tiga laga terakhir, Pierre-Emerick Aubameyang, akhirnya masuk papan skor untuk gandakan keunggulan jadi 2-0.

Pada menit ke-55, kapten timnas Gabon itu dengan dingin menyontek umpan mendatar presisi Marco Reus. Tak puas dengan satu gol, penyerang berusia 27 tahun itu lantas menceploskan gol keduanya di menit ke-70.

Situasinya nyaris serupa, tapi kali ini sang pemberi assist adalah Erik Durm yang lolos dari jebakan Offside Freiburg. Dortmund menang telak 3-0 dan hasil itu mengukuhkan posisi mereka di tiga besar klasemen sementara.

Susunan Pemain: 

Freiburg (4-4-2): Schwolow; Kübler, Torrejon, Soyuncu, Günter; Grifo, Höfler, Frantz, Bulut; Petersen, Philipp.

Borussia Dortmund (3-4-3): Bürki; Bartra, Piszczek, Sokratis; Guerreiro, Durm, Weigl, Castro; Reus, Aubameyang, Dembele.