Laporan Pertandingan: Manchester City 5-3 AS Monaco

Hujan gol terjadi dalam laga antara pasukan The Citizens dan Monaco di Etihad Stadium yang ditandai dengan aksi kejar mengejar skor.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


Drama delapan gol mewarnai jalannya pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim ini yang dimenangkan Manchester City dengan skor 5-3 atas AS Monaco di Etihad Stadium, Rabu (22/2) dini hari WIB.

Duel ketat antara kedua tim langsung mengiringi jalannya pertandingan sejak awal. City yang lebih banyak mendominasi alur bola nyaris mendapat kejutan pada menit ke-19 saat Kamil Glik dalam posisi bebas menyambut sepak pojok, hanya saja arah bola melebar.

Terus menekan, The Citizens membuka keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-26. Berawal dari pergerakan lincah Leroy Sane yang melewati beberapa pemain Monaco, sang winger muda asal Jerman kemudian mengirimkan umpan silang dari kiri yang dengan mudah disambar Raheem Sterling.

Sayang momentum positif tersebut tak bertahan lama dan Monaco mampu menyamakan kedudukan enam menit berselang. Sapuan Willy Caballero yang kurang sempurna membuat bola dimanfaatkan Fabinho untuk kemudian memberikan umpan silang akurat yang disambut sundulan tajam Radamel Falcao.

Beberapa saat setelah kontroversi Sergio Aguero yang dianggap melakukan diving, Monaco mencuri kesempatan untuk berbalik unggul pada lima menit jelang turun minum. Tendangan bebas cepat Fabinho mengarah ke posisi Kylian Mbappe dan dan dengan tangkas mengeksekusi bola ke gawang City.

Manchester City Monaco Champions League 21022017

Drama terjadi di awal babak kedua tepatnya pada menit ke-49 dengan wasit menilai adanya pelanggaran Nicolas Otamendi terhadap Falcao di kotak penalti City. Sayangnya, bintang asal Kolombia tersebut membuang kans untuk membawa Monaco memperlebar kedudukan setelah eksekusinya dimentahkan Caballero.

Melalui serangan balik cepat pada menit ke-58 City menyamakan kedudukan berkat tembakan keras Aguero dari sudut sempit yang tak sempurna ditangkap Danijel Subasic. Akan tetapi sorakan fans tuan rumah hanya berselang tiga menit setelah Falcao memperdaya John Stones dan membuat gawang City bobol ketiga kalinya dengan sepakan chip.

Usaha keras anak asuh Pep Guardiola untuk mengejar ketertinggalan membuahkan hasil pada menit ke-71, Aguero dengan tembakan volinya yang meneruskan sepak pojok David Silva tak hanya menyamakan skor tapi juga mencetak gol ke-200 bagi City di kompetisi Eropa.

Moral para penggawa City pun semakin meningkat dan dibayar tuntas dengan dua gol beruntun yang dicetak oleh sontekan Stones pada menit ke-77 dengan meneruskan sundulan Yaya Toure dan disusul gol Leroy Sane lima menit berselang selepas adanya kerjasama antara Silva dan Aguero.

Di sisa waktu babak kedua, Falcao punya kesempatan untuk mengemas hat-trick namun tembakan kaki kirinya yang memanfaatkan umpan Benjamin Mendy dimentahkan secara gemilang oleh Caballero. Hingga wasit meniup peluit panjang, keunggulan City atas Monaco tetap bertahan.