Laporan Pertandingan: Ingolstadt 0-2 Bayern Munich

Derby Bavaria di Audi Sportpark nyaris berakhir imbang sebelum akhirnya Die Roten keluar sebagai pemenang secara dramatis.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Bayern Munich harus menunggu hingga akhir laga untuk bisa memastikan kemenangan 2-0 atas rival Bavaria mereka, Ingolstadt, dalam partai lanjutan Bundesliga Jerman di Audi Sportpark, Sabtu (11/2) malam WIB. Dua gol telat Bayern tersebut masing-masing dicetak oleh Arturo Vidal dan Arjen Robben di menit ke-90 dan 91.

Kemenangan ini bernilai ganda karena dibarengi dengan hasil buruk pesaing terdekat RB Leipzig yang di saat bersamaan kalah telak 3-0 dari Hamburg.Pasukan Carlo Ancelotti pun sukses memperlebar jarak menjadi tujuh poin di puncak klasemen Bundesliga.

SIMAK JUGA: Klasemen Bundesliga

Berambisi untuk kembali ke jalur kemenangan setelah pekan lalu ditahan Schalke 1-1, Bayern menggenjot serangan sejak menit pertama. Saking agresifnya, Robert Lewandowski nyaris dikartu merah setelah melakukan pelanggaran keras kepada Alfredo Morales di awal laga. Beruntung, wasit tidak melihat insiden tersebut, namun reaksi marah ditunjukkan oleh Morales.

Lewandowski kembali menjadi pusat perhatian di menit ke-20, kali ini dalam situasi positif, ketika ia lepas dari jebakan off-side dan mampu melepaskan tembakan chip melewati kiper Martin Hansen. Sayang, Marvin Matip mampu mencegah terjadinya gol itu setelah sukses membuang bola tepat di garis gawang.

Itulah peluang terbaik Bayern di babak pertama. Thiago Alcantara dan Xabi Alonso sempat beberapa kali melepaskan tembakan, namun tidak terlalu mengancam. Ingolstadt yang lebih banyak bertahan terbukti mampu membuat frustrasi tamunya itu, seiring skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Ingolstadt Bayern Munich

PHILIPP LAHM BAYERN MÜNCHEN GERMAN BUNDESLIGA 11022017

Memasuki interval kedua, Bayern langsung tancap gas dan hampir menjebol gawang Ingolstadt di menit ke-47 ketika Thomas Muller melepaskan tembakan yang melaju pelan ke gawang dan seperti akan masuk. Namun, seperti halnya kans Lewandowski di babak pertama, bola berhasil dihalau keluar gawang oleh Florent Hadergjonaj.

Tak berselang lama, giliran Ingolstadt yang mengancam. Berawal dari sepak pojok, Mathew Leckie mendapat posisi bagus, namun tembakannya masih melebar dari gawang. Sempat terjadi klaim penalti oleh Bayern ketika Lewandowski dijatuhkan di menit ke-68, namun wasit mengabaikannya. Striker Polandia itu terus menjadi titik vokal serangan Bayern dan seharusnya bisa memecah kebuntuan di menit ke-83 ketika tembakan jarak jauhnya hanya menghantam mistar gawang.

Di saat laga seperti akan berakhir imbang, Bayern akhirnya sanggup mencetak gol yang dinanti-nanti melalui Arturo Vidal di menit ke-90. Vidal yang tak terkawal di kotak penalti sanggup menyambar crossing Thomas Muller. Di masa injury time, tim tamu ternyata langsung mencetak gol kedua melalui aksi dua pemain pengganti Arjen Robben dan Douglas Costa. Robben berlari dari sayap, bertukar umpan dengan Costa, sebelum dituntaskan oleh sepakan winger Belanda itu ke gawang Hansen.

 

Susunan Pemain:

Ingolstadt (4-2-3-1): Hansen; Hadergjonaj, Matip, Tisserand, Suttner; Bregerie, Cohen; Leckie (Jung 89’), Gross (Lex 79’), Morales; Lezcano (Hinterseer 74’).

Bayern Munich (4-2-3-1): Neuer; Lahm (Rafinha 80’), Martinez, Hummels, Alaba; Vidal, Alonso (Costa 65’); Muller, Kimmich (Robben 74’), Thiago; Lewandowski.