Laporan Pertandingan: Darmstadt 98 2-1 Borussia Dortmund

Darmstadt mengeruk kemenangan spesial atas Dortmund, setelah mereka kering tiga angka sejak Oktober silam.


OLEH  DEWI AGRENIAWATI


Buruknya lini belakang menjadi penyebab kekalahan Borussia Dortmund di tangan Darmstadt 88, klub yang tidak pernah menang di Bundesliga sejak Oktober silam.

Di tengah upaya menembus tiga besar untuk menyalip Eintracht Frankfurt, Dortmund dipaksa menyerah 2-1 dari tim juru kunci, Sabtu (11/2). 

Terrence Boyd membuka skor bagi tuan rumah Darmstadt di menit ke-21, namun Dortmund mampu menyamakan skor via Raphael Guerrero untuk menutup babak pertama dengan skor 1-1. Gol tambahan dari Antonio-Mirko Colak di menit ke-67 memastikan tiga angka bagi Darmstadt. 

Darmstadt memulai pertandingan dengan permainan terbuka, namun sebuah peluang emas mereka berhasil digagalkan penjaga gawang Dortmund Roman Burki dengan membendung sepakan jarak dekat Boyd setelah menerima umpan Jan Rosenthal. 

SIMAK JUGA: Gol Indah Costa Menangkan Bayern

Dortmund kembali harus berterima kasih kepada Burki karena berkat aksi cemerlangnya, sang penjaga gawang menepis sepakan Rosenthal. Namun apa daya, pertahanan tim tamu akhirnya runtuh juga seteah 21 menit pertandingan berjalan melalui aksi Boyd. 

Pemain asal Amerika ini menjangkau umpan Marcel Heller, sebelum akhirnya menaklukkan Burki di bawah mistar gawang. 

Tertinggal satu gol membuat Dortmund meningkatkan serangan mereka dan Marco Reus mendapat kans emas dua kali bertunun, pertama tembakannya dibendung kiper Michael Esser usai mendapat umpan Pierre-Emerick Aubameyang, lalu tak lama tendangan bebasnya dari luar kotak penalti melambung di atas mistar. 

Tim tamu akhirnya mampu menyamakan skor sebelum jeda. Guerreiro menaklukkan Esser dengan tendangan setengah voli-nya, menutup babak pertama dengan kedudukan kembali imbang 1-1. 

AYTAC SULU DARMSTADT PIERRE EMERICK AUBAMEYANG BORUSSIA DORTMUND GERMAN BUNDESLIGA 11022017

Meski demikian, Dortmund tidak menunjukkan peningkatan berarti setelah jeda dan mereka beruntung tidak tertinggal lagi di menit ke-52 ketika Rosenthal menguji Burki dengan tembakan dari jarak 18 yard. 

Setelah berkali-kali melancarkan serangan, Darmstadt akhirnya menghukum buruknya pertahanan Dortmund. Berawal dari Hamit Altintop mencuri bola di lini tengah, ia kemudian meneruskannya kepada Sam yang dengan cerdik mengirim umpan untuk Colak di sektor kanan dan ia kemudian melakukan penyelesaian akhir sempurna yang gagal dibendung Burki. 

Dortmund langsung bermain menyerang demi mengejar ketertinggalan, namun mereka gagal memberikan ancaman berarti untuk Esser dan harus pulang dengan tangan hampa menyusul kekalahan 2-1. Hasil ini jelas bukan persiapan ideal bagi Dortmund yang akan melawat ke Benfica dalam babak gugur Liga Champions pekan depan.