Laporan Pertandingan: Bologna 1-7 Napoli

Hamsik mencetak hat-trick pertama sepanjang kariernya dan terus mengejar koleksi gol milik Maradona di Napoli.


OLEH DEWI AGRENIAWATI


Marek Hamsik dan Dries Mertens membukukan hat-trick untuk menggiring Napoli menghancurkan Bologna 7-1 pada pertandingan yang diwarnai dua kartu merah, Minggu (5/2) dini hari WIB. 

Menyusul hasil seri 1-1 dengan Palermo akhir pekan kemarin, Napoli bertekad kembali ke tren kemenangan sekaligus mengakhiri tren buruk dlam lawatan mereka ke Stadio Dall’Ara, setelah hanya sekali mengantungi kemenangan dalam empat kunjungan ke Bologna. 

Pasukan Maurizio Sarri pun bermain menyerang sejak menit awal dan membuka peluang saat Jose Callejon mengirim umpan menyilang dari sektor kanan, untuk kemudian disambut sundulan Marek Hamsik yang bersarang di gawang Mirante. Itu adalah gol ke-107 Hamsik bersama I Partenopei. 

Bologna berusaha mengejar ketinggalan, namun justru serangan balik cepat menghukum mereka di menit keenam. Piotr Zielinski menggiring bola setelah mendapatkannya dari Pepe Reina dan ia kemudian memberikan umpan kepada Lorenzo Insigne, yang kecepatannya gagal dihentikan sejumlah bek lawan. Insigne kemudian mengecoh penjaga gawang sebelum menceploskan si kulit bulat. 

Insigne Hamsik Bologna Napoli Serie A

Wasit menunjuk titik putih untuk tuan rumah gara-gara Callejon hand-ball untuk menggagalkan sundulan Matti Destro. Destro sendiri yang mengeksekusi tembakan penalti, tapi aksinya dapat digagalkan Pepe Reina. Tak lama kemudian, Callejon mendapat kartu merah langsung setelah ia menendang pemain lawan. 

Namun, jumlah pemain kembali berimbang setelah Bologna juga mendapat kartu merah usai Adam Masina menjegal keras Dries Mertens yang sedang menggiring bola menuju kotak penalti. 

Mertens kemudian membawa tim tamu menjauhkan keunggulan lewat tendangan bebas spektakulernya di menit 33. 

Tiga menit berselang Bologna memperkecil ketinggalan, usai Vasilis Torosidis memaksimalkan bola rebound hasil tembakan Ladislav Krejci yang sempat digagalkan Reina. 

Dzemaili dan Hamsik kembali menguji ketangguhan Mirante, tapi di pengujung babak pertama Mertens berhasil lolos dari jebakan offside ketika menerima passing Zielinski untuk kemudian mengecoh pergerakan Mirante dan menjebol gawang dari sudut sempit. 

Hamsik nyaris mengubah skor menjadi 5-1 di awal babak kedua, tapi tembakannya masih melebar dari tiang gawang Mirante. Namun, penggawa Slovakia itu berhasil mencetak gol keduanya di laga ini yang tendangan first-time-nya tak mampu diamankan Mirante, setelah ia menerima umpan Mertens. 

Skor telak belum juga memuaskan Napoli dan Hamsik mencatat hat-trick via tembakan roket ke pojok gawang Mirante. Itu adalah gol ke-109 Hamsik untuk Napoli, dan ia kini hanya kalah dari legenda klub Diego Maradona yang membukukan 115 gol. 

Napoli menutup pesta gol mereka memasuki menit akhir pertandingan setelah Mertens lepas dari kawalan bek lawan dan akhirnya menaklukkan kiper, sekaligus menandai hat-tricknya juga. 

Dengan hasil ini, Napoli menempel Juventus di urutan kedua, mengantungi 48 poin atau tertinggal tiga dari juara bertahan sekaligus pemuncak klasemen sementara, yang baru akan melakoni giornata ke-23 dini hari nanti.