Laporan Pertandingan: Benfica 1-0 Borussia Dortmund

Gol Mitroglou di awal babak kedua membuat Dortmund yang tidak efektif dalam melakukan penyelesaian akhir takluk di laga ini.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


Benfica berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 saat menghadapi tamunya Borussia Dortmund di laga leg pertama 16 besar Liga Champions, Rabu (15/2) dini hari WIB.

Tim tuan rumah mengawali laga yang berlangsung di Estádio do Sport Lisboa e Benfica ini dengan pencapaian tidak kebobolan dalam lebih dari 300 menit di kandang, dan Dortmund pun langsung merasakan betapa sulitnya membobol gawang tim tuan rumah.

[email protected] have passed 300 minutes without conceding a goal at home… #UCL pic.twitter.com/vTnqIl2NFI

— Champions League (@ChampionsLeague) 14 February 2017

Penyerang Dortmund Pierre-Emerick Aubameyang punya peluang emas untuk membobol gawang Benfica saat laga baru memasuki menit ke-11, mendapatkan umpan dari Ousmane Dembele, Aubameyang kemudian melepaskan tendangan namun masih melenceng ke atas gawang lawan.

Ederson e Aubameyang - Benfica x Borussia Dortmund Champions League 14022017

SIMAK JUGA – Pelatih Benfica: Jangan Remehkan Kami Borussia Dortmund!

Pada menit ke-23 giliran Dembele yang berhasil menembus kotak penalti Benfica namun tendangannya masih bisa diblok kiper tim tuan rumah Ederson.

Dalam 30 menit pertama berjalannya laga Dortmund mendominasi permainan namun lini depan tim asuhan Thomas Tuchel itu kesulitan melakukan penyelesaian akhir dengan baik.

For the first time in 21 European games, Dortmund go into half-time drawing 0-0… #UCL pic.twitter.com/H2mfB1Qq3P

— Champions League (@ChampionsLeague) 14 February 2017

Skor imbang tanpa gol kemudian tetap bertahan hingga babak pertama berakhir. Hal tersebut membuat Dortmund untuk pertama kalinya mengakhiri babak pertama dengan skor 0-0 dalam 21 laga di kompetisi Eropa.

Di awal babak kedua Benfica berhasil membuka keunggulan. Penyerang andalan mereka Kostas Mitroglou berhasil membobol gawang Dortmund yang dijaga Roman Burki pada menit ke-48.

Berawal dari situasi sepak pojok penyerang asal Yunani itu sukses memanfaatkan kemelut di depan gawang Dortmund. Gol tersebut menjadi yang ke-13 dalam 13 laga bagi Mitroglou.

13 goals in 13 games for Mitroglou #UCL pic.twitter.com/7cKy9JKXFI

— Champions League (@ChampionsLeague) 14 February 2017

Dortmund kemudian kembali menekan, pada menit ke-53 lagi-lagi penyelesaian akhir Aubameyang bermasalah. Berhasil berada di situasi satu lawan satu dengan kiper setelah menerima umpan terobosan Sokratis, penyerang Gabon itu kemudian melepaskan tendangan yang malah mengarah ke atas gawang.

Pada menit ke-57 Dortmund mendapat hadiah penalti setelah gelandang Benfica Ljubomir Fejsa melakukan handball di kotak terlarang.

Namun Dortmund kembali gagal memaksimalkan peluang emas. Aubameyang benar-benar dalam performa yang tidak efektif di laga ini. Maju sebagai eksekutor penalti, tendangannya yang mengarah ke tengah gawang bisa diamankan oleh Ederson.

Pierre-Emerick Aubameyang Borussia Dortmund Champions League 14022017

SIMAK JUGA: Thomas Tuchel Akui Kebesaran Benfica

Pada menit ke-62 Aubameyang pun ditarik keluar, ia sebenarnya berpeluang mencetak hatrik di laga ini. Andre Schurrle masuk menggantikannya.

Dortmund yang tidak menyerah untuk menyamakan kedudukan kembali mendapat peluang saat laga memasuki menit ke-84. Namun tendangan Christian Pulisic kembali bisa diselamatkan dengan cemerlang oleh Ederson.

Kedudukan 1-0 tetap bertahan hingga peluit panjang ditiup. Benfica berhasil memiliki keunggulan tipis untuk menghadapi laga leg kedua yang akan berlangsung di markas Dortmund, Rabu (8/3).