Laporan Pertandingan: Bayern Munich 8-0 Hamburg

Diwarnai hat-trick Lewandowski, Bayern sukses meluluhlantakkan Hamburg untuk menghadirkan déjà vu seperti dua tahun silam.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Pemuncak klasemen Bundesliga Jerman Bayern Munich kembali menunjukkan keperkasaan dan dominasinya lewat kemenangan supertelak 8-0 atas Hamburg di Allianz Arena, Sabtu (25/2) malam WIB. Robert Lewandowski menjadi aktor protagonis di laga ini dengan torehan hat-trick.

Skor ini mengembari pencapain pada Februari 2015 ketika Bayern mampu menggelontorkan delapan gol tanpa balas menghadapi lawan yang sama dan di tempat yang sama. Partai lanjutan pekan ke-22 Bundesliga ini juga menandai laga ke-1000 Carlo Ancelotti sepanjang kariernya sebagai pelatih.

SIMAK JUGA: Klasemen Bundesliga Jerman

Permainan kedua tim sebetulnya cukup berimbang di 15 menit pembuka dengan sama-sama membuat peluang bagus. Namun, serangan tuan rumah yang lebih efektif dan dikerjakan oleh para pemain yang lebih berkualitas akhirnya menjadi pembeda. Pesta gol Bayern pun dimulai.

Arturo Vidal membuka keceriaan publik Allianz Arena lewat gol pembuka di menit ke-17 setelah mampu mendentumkan tembakan mendatar nan keras, memanfaatkan umpan Thomas Muller, yang tak bisa dibendung Rene Adler.

Semenit berselang, Lewandowski seharusnya bisa menggandakan keunggulan, namun tembakan jarak dekatnya masih melambung di atas gawang. Striker Polandia itu akhirnya tidak mengulangi kesalahan ketika Bayern mendapat penalti di menit ke-24, akibat dua pelanggaran beruntun di dalam kotak terlarang Hamburg. Dengan mudah, Lewandowski mengubah skor menjadi 2-0 via titik putih.

Dominasi Bayern terus berlanjut dan peluang terus tercipta. Tembakan voli Arjen Robben dan tandukan keras Lewandowski di menit 30-an hampir menambah keunggulan, sampai akhirnya gol ketiga benar-benar tercipta tiga menit jelang turun minum. Berawal dari tembakan Douglas Costa yang masih bisa ditepis Adler, bola liar lantas berada di area Lewandowski yang langsung menceploskannya ke jala Hamburg.

Thomas Müller FC Bayern München Hamburger SV Bundesliga 022517

FC Bayern München Hamburger SV Bundesliga 022517

Keunggulan 3-0 tidak membuat The Bavarians mengendurkan serangan saat memasuki interval kedua. Mereka bahkan lebih gencar melakukan penetrasi dan hasilnya langsung terlihat di menit ke-54 ketika Lewandowski membukukan hat-trick-nya di partai ini. Eks bomber Borussia Dortmund itu mampu menuntaskan umpan tumit Robben untuk membuat jala Adler bergetar keempat kalinya.

Dua menit kemudian, skor 4-0 langsung berubah menjadi 5-0 ketika Muller dengan cerdik mengirimkan umpan kepada David Alaba yang tinggal mendorong bola ke gawang kosong. Merasa pesta gol sudah cukup meriah, Ancelotti kemudian menyuntikkan darah muda seperti Renato Sanches dan Kinglsey Coman di sisa laga.

Hasilnya, Bayern malah sanggup menambah dua gol lagi yang semuanya diborong Coman. Gol perdana winger Prancis itu tercipta di menit ke-65 memanfaatkan kesalahan Johan Djourou saat mencoba menghadang umpan Mats Hummels. Berselang empat menit, Coman mencetak gol keduanya lewat sepakan voli untuk membuat Bayern kian menjauh di kedudukan 7-0.

Seakan belum puas, gol kedelapan lantas tercipta di menit ke-87. Kali ini, giliran Robben yang mencatatkan namanya di papan skor. Menguasai umpan dari Costa, sayap Belanda itu melewati Mergim Mavraj sebelum melepaskan tembakan mendatar untuk menutup pesta delapan gol Bayern ke gawang Hamburg.

 

Susunan Pemain:

Bayern Munich (4-2-3-1): Neuer; Lahm (Rafinha 67’), Martinez, Hummels, Alaba; Thiago (Coman 60’), Vidal; Robben, Thomas Muller, Costa; Lewandowski (Sanches 57’).

Hamburg (4-2-3-1): Adler; Sakai, Djourou, Mavraj, Santos; Walace, Jung; Nicolai Muller (Hunt 62’), Holtby, Kostic (Waldschmidt 72’); Gregoritsch (Ekdal 60’).