Laporan Pertandingan: Atletico Madrid 1-2 Barcelona

Gol cepat Suarez yang disusul aksi Messi hanya mampu dibalas Atletico melalui upaya Griezmann di babak kedua.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


Barcelona mencatatkan hasil positif dalam duel leg pertama babak semi-final Copa del Rey musim ini dengan memetik kemenangan tipis 2-1 atas tuan rumah Atletico Madrid di Vicente Calderon, Kamis (2/2) dini hari WIB.

Laga baru berjalan tujuh menit, Barcelona mampu membuka keunggulan. Berawal dari kesigapan Javier Mascherano merebut bola dari lawan, sang gelandang mengirimkan umpan yang kemudian dilanjutkan dengan aksi individu Luis Suarez sebelum membobol gawang Miguel Angel Moya.

Unggul satu gol membuat para penggawa Barcelona lebih nyaman dalam menerapkan skema arahan Luis Enrique. Menit ke-25, Neymar dengan penguasaan bola dari sisi kiri berusaha melakukan tusukan yang kemudian diakhiri dengan tembakan kaki kanan, namun bola bisa diamankan kiper Atletico.

Dominasi permainan yang ditunjukkan Barcelona mampu dikonversikan menjadi gol kedua pada menit ke-33. Lionel Messi mencatatkan namanya di papan skor setelah meneruskan umpan terobosan Ivan Rakitic dengan tendangan terukur kaki kanan yang sukar dibendung.

Messi Gabi Savic Atletico Madrid Barcelona Copa del Rey

Atletico memiliki peluang untuk bisa memperkecil ketertinggalan tiga menit sebelum babak pertama berakhir, sayang eksekusinya tak mengarah ke sasaran. Hingga laga memasuki turun minum, Barcelona tetap mempertahankan keunggulan mereka.

Diego Simeone langsung melakukan perubahan taktik di awal babak kedua dengan memasukkan Fernando Torres untuk menggantikan Sime Vrsaljko. Lima menit menginjakkan kaki di lapangan, Torres langsung menebar ancaman yang memaksa Jordi Alba untuk menutup ruang tembaknya.

Perjuangan keras Atletico untuk menipiskan skor membuahkan hasil pada menit ke-59. Eksekusi tendangan bebas Gabi mengarah ke posisi Diego Godin dan sang bek kemudian memberikan umpan sundulan ke tengah yang lantas disambar Antoine Griezmann.

Griezmann bisa saja menyamakan kedudukan tiga menit setelah memecah kebuntuan Atletico di laga ini, hanya saja kesempatan yang didapatnya lewat tembakan jarak dekat berhasil dimentahkan secara gemilang oleh Jasper Cillesen.

Di sisa waktu babak kedua, Atletico terus mengerahkan segala upaya mereka untuk bisa membuat skor menjadi seimbang. Akan tetapi hingga pertandingan berakhir, sederet peluang yang didapat melalui aksi Griezmann hingga Torres tetap tak membuahkan hasil.